Tangani Covid-19, Kemenkes Luncurkan Mobil Lab BSL 2

KalbarOnline.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus bergerak mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya penanganan Covid-19 di tanah air. Lembaga yang dipimpin oleh Terawan Agus Putranto ini juga melibatkan banyak kalangan yang bergerak di bidang riset kesehatan untuk melakukan kegiatan bersifat inovatif.

Diantaranya, konsorsium riset yang melibatkan unsur triplehelix (pemerintah, dunia usaha dan akademisi) yang terdiri atas Kementrian Kesehatan, PT Rajawali Global Investama dan Universitas Padjadjaran (Unpad). Mereka membangun kerja sama sinergis untuk pengembangan laboratorium bergerak BSL (Bio Safety Level) 2 yang tersertifikasi World Bio Haz Tec dan memenuhi kriteria KKB Litbangkes tentang Standar Laboratorium Bergerak Biosafety tingkat 2 untuk pemeriksaan Corona Virus Desease-2019 (Covid-19).

Kemenkes juga melakukan kerja sama sinergis dengan menggandeng PT Rajawali Global Investama beserta tim dan periset Unpad telah berhasil merancang bangun laboratorium bergerak hasil karya anak negeri yang siap mendukung konsep pengendalian pandemi Covid-19 di Indonesia melalui pelacakan kontak erat sampai ke pelosok-pelosok.

“Serta pendampingan isolasi mandiri oleh tenaga Kesehatan secara on-line melalui aplikasi Indonesia Test Trace and Isolation (InaTTI)” ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan dalam keterangan tertulis yang diterima KalbarOnline.com, Kamis (17/12).

Baca Juga :  Putra Amien Rais Kondisinya Semakin Membaik, Dipindah di RS Bintaro

Baca Juga: Kemenkes Latih 23 Ribu Vaksinator Covid-19

Untuk itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah banyak mengambil langkah-langkah strategis melibatkan seluruh stakeholder yang bergerak di bidang riset kesehatan untuk melakukan kegiatan bersifat inovatif.

“Mobil Lab Ini adalah hasil karya anak bangsa yang harus kita dukung,” sambungnya.

Sementara itu, secara terpisah, Ketua Tim inovasi, Profesor Keri Lestari mengatakan, mobil lab ini merupakan salah satu alat pendukung strategis untuk melakukan test, trace (pelacakan kontak) dan isolasi.

Diketahui, Mobil lab ini telah memiliki Surat Keterangan Rancang Bangun (SKRB) dari Dirjen Perhubungan Darat. Fasilitas lab dilengkapi dengan Biosafety cabinet Level II A2 untuk mencegah virus menginfeksi penguji, ruang laboratorium bertekanan negatif dan terpasang HEPA Filter untuk mencegah virus mencemari lingkungan sesuai dengan Standar BSL-2 WHO yang dikembangkan bersama tim integrator PT Rajawali Global Investama.

“Hadirnya mobile lab BSL-2 yang mudah berpindah tempat sesuai kondisi alam Indonesia maka tes dan trace (pelacakan kontak) diharapkan akan lebih optimal. Mobil ini dilengkapi aplikasi InaTTI (Indonesia Test Trace and Isolation) yang memperkuat pengendalian pandemik melalui metoda Test Trace and Isolation secara online berbasis aplikasi web based,” tuturnya.

Baca Juga :  Teknologi Galaxy S24 Ultra Sajikan Pengalaman Visual Jernih Tak Tertandingi

Konsep ini dinilai menjawab kebutuhan masyarakat terkait fasilitas test swab dan pendampingan isolasi mandiri. Pasalnya ada masyarakat yang enggan datang langsung ke rumah sakit untuk melakukan test swab jika ada warga yang teridentifikasi Covid-19 dan tanpa komorbid, serta tanpa gejala dapat melakukan isolasi mandiri dengan tata cara isolasi yang didampingi tenaga kesehatan secara virtual melalui aplikasi tersebut.

“Hal tersebut diharapkan menjadi solusi dari masalah keterbatasan faskes untuk isolasi pasien Covid-19 saat ini,” kata Dirut Insititut Pembangunan Jawa Barat-Unpad yang juga Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Apoteker Indonesia ini.

Untuk tahap pertama, lanjutnya, akan disiapkan sebanyak 10 unit mobil untuk 10 provinsi, selanjutnya dikembangkan sesuai perkembangan dan kebutuhan penanganan pandemi di lapangan.

“Dalam waktu dekat ini, juga sudah ada negara tetangga di Asia yang telah melirik untuk mengajukan pemesanan, kami sudah siap melakukan ekspor produk anak bangsa,” kata Dirut PT Rajawali Global Investama Recky Langie.

“Nantinya ke depan, mobile lab BSL-2 ini juga dapat digunakan sekaligus untuk mobile vaksin Covid-19. Yang siap mengakses seluruh wilayah Indonesia sampai ke pelosok negeri,” ujarnya

Comment