Ini Bahayanya Sering Semprot Disinfektan Bagian Interior Mobil

KalbarOnline.com – Menjalankan protokol kesehatan saat pandemi covid-19 memang sangat diwajibkan dan tidak boleh kendor. Salah satu yang digunakan adalah cairan desinfektan yang saat ini siapa saja menggunakannya.

Tak ketinggalan cairan desinfektan juga marak digunakan untuk mobil agar membersihkan kuman hingga virus. Banyak mempertanyakan seberapa efektif penggunaan cairan desinfektan untuk membersihkan mobil.

Sebaiknya untuk langkah pencegahan penyebaran virus covid-19 sangat disarankan agar sering membersihkan mobil di beberapa bagian tertentu. Misalnya handle pintu, starter mobil, setir, tuas transmisi. Hingga seluruh tombol dan kenop di dashboard, dan segala hal yang sering disentuh tangan.

Akan tetapi perlu diingat ketika membersihkan kabin mobil dengan disinfektan harus benar-benar diperhatikan. Karena cairan disinfektan yang biasa digunakan untuk membersihkan lantai rumah biasanya mengandung klorida yang bersifat korosif.

Baca Juga :  Bamsoet Ajak Pembalap Senior Ricardo Gelael Besarkan IMI

Selain itu juga bisa membuat disinfektan sendiri dengan menggunakan alkohol 70 persen, seperti halnya membuat cairan pembersih tangan. Menggunakan cairan ini relatif baik karena hampir seluruh permukaan interior mobil bisa dibersihkan dengan menggunakan isopropil alkohol.

Namun jangan terlalu sering menggunakan cairan alkohol di atas 70 persen, khususnya pada bagian material berbahan kulit. Karena hal tersebut justru dapat merusak nya.
Hal yang harus dihindari atau tak disarankan adalah menggunakan hidrogen peroksida atau lebih dikenal dengan cairan pemutih ketika membersihkan interior mobil karena cairan itu bahaya bagi jok mobil.

Baca Juga :  Virgil Abloh Sulap SUV Mercedes-Benz G-Class jadi Mobil Balap Mewah

Selain itu, penggunaan cairan berbasis amonia juga tidak disarankan untuk membersihkan layar sentuh karena justru bisa membuatnya tak sensitif ketika disentuh.

Paling aman untuk membersihkan mobil atau pun motor adalah dengan menggunakan cairan pembersih yang direkomendasikan untuk interior mobil.

Bisa juga manfaatkan campuran air dan sabun bayi atau sabun antiseptik karena mengandung pH yang aman untuk lapisan interior mobil. Sebaiknya gunakan botol semprot agar lebih mudah dan merata.

Tak perlu banyak-banyak menyemprotkannya agar tidak kesulitan saat akan membilas. Gnakan lap berbahan microfiber untuk membersihkan permukaan setelah menyemprotkan campuran air dan sabun. Selamat mencoba.

Comment