Vaksin Korona Tiba, DPR Minta Pemerintah Pastikan Keamanannya

KalbarOnline.com – Sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 buatan Sinovac telah datang ke Indonesia pada Minggu (6/11) kemarin. Masyarakat nantinya bakal disuntikan vaksin tersebut agar imun dari Covid-19.

Anggota Komisi IX DPR, Saleh Partaonan Daulay mengatakan, pemerintah harus memastikan keamanan dan efektivitas vaksin tersebut dalam meningkatkan imunitas masyarakat.

“Jadi jika vaksin ini diberikan ke masyarakat, ada manfaat yang besar dan seimbang dengan anggaran yang dipergunakan untuk pengadaannya,” ujar Saleh kepada wartawan, Senin (7/12).

Saleh menambahkan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) diharapkan segera dapat melakukan kajian dan penelitian yang mendalam sebelum mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA) terhadap vaksin yang masuk tersebut. “Saat ini, masyarakat calon pengguna menggantungkan nasib dan harapannya kepada BPOM. Untuk itu, BPOM tidak usah terburu-buru dalam memberikan izin. Silahkan manfaatkan waktu yang tersedia sebelum memberikan keputusan,” katanya.

Pemerintah diharapkan dapat melakukan distribusi vaksin secara baik ke seluruh Indonesia. Harus dipastikan bahwa distribusi vaksin dilaksanakan secara aman. Pasalnya, saat ini, perdebatan soal distribusi vaksin justru terletak pada cold chain atau tempat penyimpanan.

Baca Juga :  Erna Witoelar: Komunikasi Penting Untuk Isu Lingkungan-Kemanusiaan

“Ada vaksin yang harus disimpan di tempat yang minus 20 derajat celcius, dan ada yang minus 7, dan lain-lain,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, pemerintah juga diharapkan dapat memberikan penjelasan terkait efektivitas vaksin yang baru masuk ke Indonesia ketika dipergunakan di Tiongkok atau negara-negara lainnya. Success story terkait penggunaan vaksin ini tentu sangat penting dalam memberikan motivasi bagi masyarakat.

“Ini menjadi penting sebab ada sebagian masyarakat yang menganggap bahwa vaksin ini baru pertama sekali mau dipakai di Indonesia,” katanya.

Selain mendata calon penerima vaksin, pemerintah harus segera menyiapkan tenaga-tenaga medis yang akan melakukan vaksinasi. Sebelum itu, tentu harus ada semacam simulasi dan pelatihan agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan dalam pelaksanaannya.

Baca Juga :  Rexy Mainaky Mengaku Siap Bersaing dengan Rionny Mainaky

“Penyiapan tenaga-tenaga medis ini harus seiring dengan penyediaan sarana prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan vaksinasi,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan 1,2 juta vaksin virus Korona (Covid-19) telah tiba di Indonesia. Vaksin Covid-19 yang tiba di Indonesia adalah vaksin buatan Sinovac. “Saya ingin menyampaikan satu kabar baik bahwa hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta vaksin Covid-19. Vaksin ini buatan Sinovac, yang kita uji klinis di Bandung sejak Agustus 2020,” kata Jokowi dalam keterangan pers, Minggu (6/12).

Jokowi menambahkan pemerintah saat ini juga masih mengupayakan mendatangkan 1,8 juta dosis vaksin. Diperkirakan vaksin tersebut akan tiba Januari 2021.

“Kita sangat bersyukur, alhamdulillah vaksin sudah tersedia, artinya kita bisa mencegah meluasnya wabah Covid-19,” ujar Jokowi.

Meski demikian Jokowi mengingatkan vaksin tak bisa langsung digunakan. Vaksin harus lebih dulu melewati tahapan-tahapan di BPOM untuk menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Comment