Peneliti Sebut Pengunjung Resto Bisa Tularkan Covid-19 Jarak 6 Meter

KalbarOnline.com – Penularan Covid-19 bisa terjadi di mana saja termasuk di restoran. Lokasi itu paling rentan terjadi penularan sebab seseorang akan membuka masker saat makan dan minum. Belum lagi jika makan dan minum itu dilakukan bersama orang lain yang belum jelas riwayat statusnya atas Covid-19. Maka peneliti mengingatkan pengunjung restoran lebih aman take away untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Para peneliti menemukan bahwa virus Korona bahkan dapat menular hingga jarak 20 kaki atau 6 meter. Dan risikonya meningkat jika orang yang terinfeksi berbicara.

Dilansir dari Mirror, Senin (7/12), sebuah studi di Journal of Korean Medical Science memperingatkan bahwa orang harus menahan diri dari percakapan saat makan, serta berbicara keras atau berteriak. Ilmuwan Korea Selatan mengatakan bahwa dinding pemisah harus dipasang di antara meja untuk mencegah penyebaran virus.

  • Baca juga: Jadi Lokasi Pasien Covid-19 Gelar Pesta, Restoran di Singapura Ditutup
Baca Juga :  Kematian Akibat Covid Naik, California Siapkan 5.000 Kantong Jenazah

Dalam satu contoh, mereka mengklaim, satu orang dapat menginfeksi pelanggan lain yang berjarak lebih dari 6 meter selama lima menit. Tetesan air liur bisa berpindah dari satu ke yang lain, menyebarkan infeksi.

Baca Juga :  Peneliti AS: Bicara Pelan di Ruangan, Efektif Tekan Penularan Covid-19

Peneliti menarik kesimpulan tersebut setelah menggunakan data kartu kredit, data lokasi telepon, dan CCTV untuk mengetahui seberapa mudah Covid-19 dapat menyebar di restoran. Ruangan yang tidak berventilasi menimbulkan risiko sangat tinggi untuk menularkan infeksi.

Maka penting untuk tidak berkerumun saat makan, mengobrol, apalagi makan sambil mengobrol satu meja dengan orang lain yang bukan anggota keluarga. Sebab bukan lagi berjarak 2 meter, tetapi virus Korona bisa menular sekalipun orang itu sejauh 6 meter dari kita.

Saksikan video menarik berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=WxwNtAxB9FQ

Comment