by

Libur Akhir Tahun 2020, Pemerintah Imbau Masyarakat Tetap Patuhi 3M

KalbarOnline.com – Juru bicara penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memastikan, terus melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk mencegah terjadinya peningkatan lonjakan Covid-19. Terlebih jelang libur akhir tahun 2020.

’’Pada prinsipnya, Satgas Covid-19 terus koordinasi dengan kemeneterian lembaga terkait keputusan libur akhir tahun 2020,’’ ujar Wiku dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Wiku, saat ini pemerintah masih mengkaji keputusan yang akan diambil terkait libur panjang akhir tahun. Dia menegaskan, apapun keputusan yang diambil pemerintah akan selalu mengutamakan keselamatan masyarakat Indonesia di tengah pandemi

Wiku mengimbau masyarakat untuk patuh menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin 3M, diantaranya memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer.

’’Karena kita tidak boleh lengah. Masyarakat harus belajar dari pengalaman libur panjang bulan bulan sebelumnya seperti pada periode idul fitri, hari kemerdekaan dan libur akhir Oktober dan November,’’ ujar Wiku.

Wiku tak memungkiri terdapat peningkatan kasus positif pasca libur panjang. Satgas juga memahami kondisi pelaku usaha di sektor pariwisata, di tengah pandemi Covid-19 ini terutama mendekati akhir tahun. ’’Namun peningkatan kasus positif yang tak terkendali juga dapat berdampak buruk terhadap kelangsungan kegiatan usaha di berbagai sektor, termasuk pariwisata,’’ ucap Wiku.

Oleh karena itu, pemerintah akan berusaha untuk meminimalisasi  peningkatan kasus positif. Sehingga dapat dikendalikan. ’’Kebijakan yang dapat diambil tentunya sudah mempertimbangkan berbagai dampak, termasuk terhadap sektor pariwisata,’’ tegas dia. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed