by

Penerapan 3T dan 3M Bisa Mencegah Penularan Covid-19

KalbarOnline.com – Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B. Harmadi, menyatakan penerapan 3T yakni tracing, testing dan treatment serta 3M diantaranya memakasi masker, mencuci tangan dan menjaga jarak adalah cara untuk memutus rantai penularan Covid-19. Menurutnya, kedua hal tersebut perlu lebih ditingkatkan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Upaya untuk memutus rantai penularan covid 19 dengan 3T, kemudian dari sisi perubahan perilaku dengan 3M keduanya ini butuh, didukung oleh perubahan perilaku,” kata Sonny dalam diskusi daring BNPB.

Sonny mengharapkan, masyarakat untuk tidak takut melakukan testing. Menurutnya, dengan melakukan rapid tes atau swab tes hal ini justru akan menjadi pahlawan kesehatan bagi orang-orang sekitar.

Baca juga: Selain Patuh 3M, Jangan Ragu Tes Covid-19

“Kekhawatiran kalau positif lalu kemudian menimbulkan stigma negatif di masyarakat. Padahal mereka yang mau dites mereka yang mau kemudian rela untuk melakukan isolasi atau karantina, kalau dia positif atau mau dirawat, itu justru pahlawan-pahlawan kemanusiaan yang bisa memutus rantai penularan,” ucap Sonny.

Selain itu, Sonny menyebut disiplin 3M dapat mencegah penularan Covid-19. Bahkan menggunakan masker dan menjaga jarak dapat menghambat penularan Covid-19.

“Bagaimana agar merubah paradigma dan persepsi masyarakat,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed