Beradar Video Koopssus TNI Show of Force di Depan Markas FPI, Dankoopssus Berkilah

KalbarOnline.com – Beredar video anggota pasukan elite yang tergabung dalam Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI mendatangi markas Front Pembela Islam (FPI) pimpinan Habib Rizieq di Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (19/11/2020).

Dalam video yang beredar, setidaknya ada empat kendaraan milik TNI. Kendaraan yang paling kentara adalah kendaraan taktis ‘Maung’. Di samping bodi kendaraan bikinan PT Pindad tersebut tertulis ‘Koopssus TNI’.

Koopssus tak lain adalah Komando Operasi Khusus, pasukan elite milik TNI. Di dalam Koopssus terdapat pasukan elite dari tiga matra di TNI, yakni Den-81 Kopassus, Den-Jaka Marinir, dan Sat-Bravo Paskhas.

Baca Juga :  Terdengar Dentuman di Sekitar Jakarta Selatan, Begini Penjelasan BMKG

Selain Maung, terlihat dua truk hitam, satu mobil patroli, dan satu motor PM yang mengawal rombongan. Tak lebih dari dua menit, sejumlah mobil dinas TNI tersebut kembali melanjutkan perjalanan. Tak hanya video, dalam foto yang beredar juga terlihat sejumlah personel TNI yang mengendarai sepeda motor bebek berada di Jalan Petamburan III yang menjadi Markas FPI.

Terdengar sirene dari kendaraan TNI tersebut ‘meraung-raung’ beberapa saat hingga akhirnya meninggalkan lokasi. Netizen menyebut momen ini sebagai ajang unjuk kekuatan TNI (show of force).

Baca Juga :  Ucapkan Selamat Hari Jadi Pontianak ke-248, Ini Harapan Zulfydar Zaidar Mochtar

Saat dikonfirmasi, Komandan Koopssus (Dankoopssus) Mayjen TNI Richard Tampubolon mengatakan, jika konvoi kendaraan tersebut dalam rangka kembali ke markas.

”Itu melintas perjalanan kembali ke markas,” kata Tampubolon kepada wartawan, Kamis (19/11/2020).

Ia menambahkan, jika konvoi kendaraan tersebut terlihat berhenti, hal itu merupakan bagian dari protap.

”Kalaupun terlihat berhenti, itu merupakan protap konvoi kendaraan berat untuk cek kondisi kendaraan dan rangkaian. Atau jalanan macet,” ujarnya. [rif]

Comment