by

5 Tanaman Pemangsa Serangga Bikin Rumah Bersih dan Sehat

Normalnya, tanaman menjadi makanan bagi berbagai jenis binatang. Tapi, bagaimana jika yang terjadi justru sebaliknya, binatanglah yang menjadi makanan bagi tanaman? Nah, ternyata memang ada lho tanaman yang bisa memangsa hewan, utamanya hewan berukuran kecil, seperti serangga.

Tanaman karnivora ini memiliki kemampuan untuk menarik perhatian serangga dan menjebaknya, kemudian mengambil nutrisi yang ada di dalam serangga yang memungkinkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang di tanah yang miskin nutrisi.

Selain unik, jika kamu menaruh tanaman ini di sekitar rumah, seperti di dapur, teras, atau taman, ini akan membuat lingkungan rumah kamu makin bersih dan sehat. Sehingga cocok untuk dijadikan tanaman hias sekaligus pengendali serangga di sekitar rumah.

Baca juga: Demam Tanaman Hias, Jangan Lupa Tanaman Pengusir Nyamuk!

Tanaman Pemakan Serangga dan Manfaatnya

Lantas apa sajakah tanaman yang memiliki kemampuan unik untuk memakan serangga? Inilah beberapa di antaranya:

1. Kantong semar (Nepenthes)

Tanaman kantong semar biasa ditemukan di daerah tropis, seperti Kalimantan, Sumatera, dan Malaysia. Tanaman karnivora ini juga dikenal sebagai cawan monyet atau periuk kera karena monyet biasa meminum air dari dalam tanaman ini di hutan hujan.

Menurut laman Hungry Plants, karena tanaman ini memiliki daun yang berbentuk kantong, terkadang kantong ini bisa menampung air dengan volume lebih dari satu liter. Cangkir ini juga secara pasif berguna untuk menarik dan mencerna mangsanya yang berupa serangga.

2. Venus (Dionaea muscipula)

Venus adalah salah satu tumbuhan karnivora yang memakan serangga. Venus merupakan tanaman berukuran kecil yang memiliki sekitar empat hingga tujuh daun yang tumbuh dari batang pendek, juga sepasang lobus terminal dengan engsel di pelepah yang membentuk perangkap.

Menurut laman Listverse, tanaman ini sangat pintar serta dapat membedakan antara stimulus hidup dan tidak hidup, dan lobus dapat menutup hanya dalam waktu 0,1 detik. Meskipun hanya ada satu spesies, tetapi tanaman Venus memiliki banyak varietas.

Baca juga: 5 Tanaman Herbal Murah yang Bisa Ditanam di Rumah

3. Bladderworts (Utricularia)

Bladderwort adalah sejenis tanaman karnivora yang hidup di perairan terbuka dan mencari makan dengan menjebak serangga di dalam kandung kemih yang memiliki tampilan seperti bola isap. Menurut laman Botanical Society of America, adanya rambut kecil pada pembukaan kandung kemih merupakan alat peraba untuk mengetahui saat serangga mendarat di tanaman, yang menyebabkan kandung kemih yang tadinya pipih tiba-tiba mengembang, menyedot air, lalu memakan hewan dan menutupnya.

4. Sundew (Drosera)

Tanaman Sundew memiliki sekitar 200 spesies, dan semuanya sangat bervariasi dalam hal bentuk, ukuran, dan kondisi pertumbuhan. Tapi, sebagian besar Sundew tertutup tentakel yang memiliki ujung yang dilapisi perekat. Menurut laman Carnivorous Plants UK, tentakel ini dapat bergerak, yang berguna untuk membantu Sundew agar dengan cepat melemahkan dan mencerna serangga yang telah terjebak.

5. Butterworts (Pinguicula)

Butterworts adalah tanaman pemangsa serangga yang bisa aktif atau pasif dan mengandalkan lendir lengket di permukaan daun untuk menangkap mangsa, dikutip dari laman Gardening Know How.

Dibandingkan dengan tanaman pemakan serangga lainnya, Butterwort dikenal karena memiliki bunga yang mencolok seperti anggrek dengan warna kuning, merah muda, ungu, atau putih, yang bisa tumbuh pada waktu tertentu. Tumbuhan karnivora ini suka memakan agas dan biasanya ditemukan di Amerika Serikat.

Unik sekali ya semua tanaman ini? Kamu mungkin tertarik memanfaatkan tanaman ini untuk mengendalikan serangga yang ada di rumahmu? Kalau iya, kira-kira tanaman apa nih yang paling kamu inginkan?

Baca juga: Tanaman Herbal Pengusir Kembung dan Mual

Sumber:

Hungryplants.com. Monkey cups nepenthes.

Carnivorousplants.co.uk. New to carnivorous plants? Start here!

Listverse.com. Top 10 Fascinating carnivorous plants

Gardeningknowhow.com. How to groe butterworts

Botany.org. The Bladderwort

Comment

News Feed