by

Demam Tanaman Hias, Jangan Lupa Tanaman Pengusir Nyamuk!

Sejak masa karantina pandemi COVID-19, banyak orang yang mencari hobi baru untuk melepas kepenatan selama tinggal di rumah. Menanam tanaman merupakan salah satu hobi yang paling hits di masa pandemi COVID-19.

Berbicara tentang tanaman, ternyata ada beberapa tanaman yang bisa mengusir nyamuk, lho. Jadi, kalau Geng Sehat hobi bertanam, maka tanaman-tanaman pengusir nyamuk ini bisa Geng Sehat coba untuk tanam di rumah.

Selain menambah koleksi tanaman dan memperindah halaman rumah, menanam tanaman-tanaman ini juga bermanfaat mengusir nyamuk di sekitar rumah Geng Sehat!

Baca juga: 5 Tanaman Herbal Murah yang Bisa Ditanam di Rumah

8 Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman-tanaman di bawah ini dipercaya dapat mengusir nyamuk. Kamu bisa mencoba menanamnya, sekaligus mempercantik halaman rumah Kamu. Selain itu, tanaman-tanaman ini juga mudah tumbuh dan dirawat.

1. Kucingan

Kucingan mengandung zat kimia yang disebut nepetalactone. Zat kimia ini memiliki efek mengusir nyamuk. Bahkan, kandungan zat kimia yang ada di dalam tanaman kucingan ini dipercaya lebih efektif mengusir nyamuk ketimbang obat kimia pengusir nyamuk. Selain itu, tanaman ini juga mudah ditanam dan dirawat.

2. Serai Wangi

Serai wangi juga termasuk tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini seringkali dijadikan bahan dalam obat kimia pengusir nyamuk, baik dalam bentuk semprot atau lilin. Serai wangi memiliki aroma menyengat yang bisa mengusir nyamuk.

Tanaman ini seringkali ditemukan di perkebunan, namun juga bisa tumbuh subur di halaman rumah. Serai wangi juga termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan dirawat.

3. Bawang Putih

Aroma bawang putih dapat mengusir nyamuk. Inilah kenapa tanaman bawang putih termasuk tanaman pengusir nyamuk. Selain dapat mengusir nyamuk, bawang putih juga seringkali digunakan sebagai penyedap makanan. Jadi, menanam bawang putih di rumah sangat bermanfaat.

Baca juga: Bungur, Tanaman Peneduh Jalan yang Bermanfaat untuk Kesehatan

4. Lavender

Tanaman berbunga yang sangat harum ini memiliki banyak khasiat. Selain dapat menenangkan pikiran, lavender ternyata termasuk tanaman pengusir nyamuk. Jadi, selain cantik untuk dipandang dan memiliki aroma yang wangi, lavender juga bisa ditanam untuk mengusir nyamuk.

5. Serai Dapur

Selain sering digunakan sebagai bumbu dapur, tanaman satu ini juga memiliki efek mengusir nyamuk jika ditanam di rumah kita. Serai dapur mengandung citral, yatu minyak yang seringkali digunakan sebagai bahan dalam obat kimia pengusir nyamuk.

6. Tanaman Selasih

Selasih juga termasuk tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini racun untuk larva nyamuk. Jadi, selasih bisa diletakkan di dekat kolam atau area yang sering digenangi air untuk mencegah kembang biak nyamuk. Selain itu, tanaman ini juga cukup mudah dirawat.

7. Zodia

Zodia merupakan tanaman endemik Papua. Masyarakat Papua sudah sering menggunakan tanaman ini untuk mengusir nyamuk. Zodia memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk.

Tanaman ini tidak hanya dapat mengusir nyamuk, namun juga dapat digunakan untuk meredakan bekas gigitan nyamuk, bentol, serta gatal yang menyertainya.

8. Kamboja

Tanaman bunga kamboja tidak hanya indah dipandang mata, namun juga bermanfaat sebagai tanaman pengusir nyamuk. Kamboja mengandung senyawa geraniol dan minyak atsiri yang aromanya tidak disukai nyamuk. Jadi, selain cantik dan bisa dijadikan tanaman hias di halaman rumah, bunga kamboja juga bermanfaat mengusir nyamuk. (UH)

Baca juga: Sudah Diteliti, 9 Tanaman Ini dapat Menurunkan Gula Darah

Sumber:

Proflowers. Plants that Repel Mosquitoes Naturally. Juli 2018.
GardenDesign. MOSQUITO REPELLENT PLANTS. Juni 2019.
Holtkamp. Plants & Herbs That Naturally Repel Mosquitoes. Juni 2016.

Comment

News Feed