OKI, Parlemen Arab dan Sejumlah Kedubes Kutuk Serangan Bom Jeddah

KalbarOnline.com – Polisi Saudi Arabia mulai melakukan pengejaran terhadap pelaku serangan bom yang menargetkan diplomat asing di upacara peringatan perang dunia I di pemakaman Khawajaat Jeddah, Rabu (11/11/2020).

Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Liga Muslim Dunia (MWL), Parlemen Arab serta Kedutaan Besar Prancis, Yunani, Italia, Inggris, dan AS, yang menghadiri upacara itu mengutuk serangan “pengecut” dan tidak dapat dibenarkan itu.

Sumber pemerintah Saudi mengatakan kepada Arab News bahwa insiden tersebut sedang diselidiki dan laporan akan segera dikeluarkan.

Sekretaris Jenderal MWL, Sheikh Dr. Muhammad bin Abdul Karim Al-Issa berkata, “Serangan pengecut dan terisolasi ini hanya mewakili dirinya sendiri, dan hanya dapat dilakukan oleh penjahat dengki,” katanya seperti dilansir dari Arabnews, Kamis (12/11/2020), sembari mendoakan mereka yang terluka.

Baca Juga :  BPJT Info Resmi Mengaspal, Akses Info Seputar Tol Makin Mudah dan Beragam

Duta Besar Inggris untuk Timur Tengah dan Afrika Utara James Cleverly mengatakan, “Saya memiliki keyakinan penuh bahwa otoritas Saudi akan menyelidiki serangan ini dan menuntut mereka yang bertanggung jawab atas tindakan pengecut ini,” imbunya.

Duta Besar Djibouti untuk Arab Saudi Dya-Eddine Said Bamakhrama mengutuk serangan itu dan berharap mereka yang terluka segera pulih. “Sementara kami berharap yang terluka segera pulih, kami menegaskan solidaritas mutlak kami dengan Arab Saudi terhadap semua tindakan teroris pengecut yang tidak akan mempengaruhi posisi besar negara yang mulia ini,” kata Bamakhrama.

Baca Juga :  WHO Melarang Sertifikat Vaksinasi Covid-19 untuk Syarat Bepergian

Pernyataan delegasi Uni Eropa untuk Kerajaan Arab Saudi menyatakan dukungan dan solidaritas dengan Kerajaan dan negara-negara yang perwakilannya hadir pada upacara tersebut.

“Kami bergabung dengan negara-negara ini dalam mengutuk serangan pengecut seperti itu terhadap orang-orang tak bersalah yang menghadiri peringatan damai. Kami berharap mereka yang terluka segera pulih. Kami berterima kasih kepada layanan darurat Saudi atas intervensi mereka di tempat kejadian dan menantikan penyelidikan yang cepat dan menyeluruh atas insiden tersebut dan untuk penuntutan para pelakunya,” kata pernyataan itu. [ind]

Comment