Vladimir Putin Sebut Semua Vaksin Covid-19 Produksi Rusia Efektif

KalbarOnline.com – Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengeluarkan pernyataan yang melegakan. Dia mengatakan semua vaksin produksi Rusia untuk melawan Covid-19 sangat efektif. Hal itu seperti dilaporkan kantor berita RIA.

Putin menyebut bahwa negaranya akan segera mendaftarkan suntikan ketiga dari vaksin Covid-19 untuk melawan virus Korona. Rusia sedang meluncurkan vaksin Sputnik V untuk penggunaan domestik meski uji coba tahap akhir belum selesai.

  • Baca juga: Kandidat Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer Diklaim Manjur hingga 90 Persen

Pada Selasa (10/11), Rusia menyatakan vaksin Sputnik V lebih dari 90 persen efektif. Selain itu tidak menimbulkan efek samping serius.

Baca Juga :  Penerapan 3M Terus Dilakukan Meskipun Sudah Ada Vaksin Covid-19

“Sudah ada dua vaksin terdaftar. Dan penelitian telah menunjukkan dan menegaskan bahwa, pertama, vaksin ini aman dan tidak memiliki efek samping serius setelah digunakan, dan kedua, semuanya efektif,” kata Putin melalui konferensi video pertemuan puncak Shanghai Cooperation Organization (SCO).

Kemanjuran vaksin Rusia didasarkan pada data yang dikumpulkan dari vaksinasi publik, bukan dari uji coba yang sedang berlangsung. Putin juga mengatakan Rusia siap bekerja sama terkait vaksin virus Korona dan setuju dengan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan bahwa suntikan vaksin harus tersedia secara luas untuk semua umat manusia.

Baca Juga :  Penemu Vaksin Covid-19 yang Manjur Justru Takut, Ini Alasannya

“Kami menyarankan untuk tidak mempolitisasi proses-proses ini, mengingat orang-orang di seluruh dunia saat ini membutuhkan obat-obatan ini, tanpa berlebihan,” sebut Putin seperti dilansir Reuters.

“Kami siap bekerja dengan semua negara di dunia dan tentu saja, dengan mitra-mitra kami dalam kerangka SCO,” imbuh Putin.

Rusia sendiri merupakan negara kelima dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi di dunia setelah Amerika Serikat, India, Brasil, dan Prancis.

Comment