Mengejutkan! Putin Dikabarkan Mundur Karena Masalah Kesehatan, Ini Penjelasan Kremlin

KalbarOnline.com – Saat dunia terpaku perhatiannya pada Pilpres di Amerika Serikat, tiba-tiba muncul kabar mengejutkan dari Rusia. Presiden Rusia, Vladimir Putin dikabarkan bakal mengundurkan diri dari jabatannya pada awal tahun depan.

Sebagaimana dilansir dari surat kabar New York Post, Jumat (6/11), kabar niat pengunduran diri Putin disampaikan oleh analis politik di Moskow, Valery Solovei.

Menurut pernyataan Solovei yang dikutip surat kabar Inggris, The Sun, informasi itu diperoleh karena kabarnya kekasih Putin, Alina Kabaeva (37), dan kedua anaknya meminta sang presiden untuk mengundurkan diri.

Baca Juga :  Anggota DPR: Ahok Komisarit Utama Pertamina, Gak Ada Pretasinya Malah Banyak Kejanggalan

“Ada faktor keluarga, yang sangat berpengaruh terhadapnya (Putin). Dia berniat akan mengumumkan niatnya untuk mengundurkan diri pada Januari,” kata Solovei.

Selain itu, Solovei mengatakan Putin dilaporkan memperlihatkan gejala sakit parkinson.

Hal itu bisa dilihat dalam rekaman wawancara terbaru, di mana Putin terlihat kerap menggeser-geser kakinya. Selain itu, jari-jari Putin juga terlihat melipat ketika dia mengambil cangkir untuk minum.

Menanggapi kabar tersebut, juru bicara Pemerintah Rusia Dmitry Peskov membantahnya. Ia memastikan pemimpin Rusia itu dalam keadaan sehat.

Baca Juga :  Akhirnya! Kemendikbud Cabut Klaster Pendidikan dari Draf Omnibus Law RUU Cipta Kerja

“Tidak,” kata Peskov menanggapi pertanyaan apakah presiden berencana untuk mundur. “Dia dalam kesehatan yang sangat baik,” tambahnya dikutip dari kantor berita TASS Rusia melaporkan pada hari Jumat kemarin.

Putin merupakan presiden terlama yang memimpin Rusia setelah era kepemimpinan Joseph Stalin.

Dia pertama kali memimpin pada 1999 menggantikan Boris Yeltsin dan menjadi kepala negara hingga 2008.

Putin kembali menjadi Presiden Rusia pada 2012, menggantikan salah satu rekannya, Dmitry Medvedev hingga saat ini. [rif]

Comment