Cara Ampuh Bagi Orang Tua Kenalkan 3M pada Anak Termasuk Balita

KalbarOnline.com – Memberikan pemahaman Covid-19 pada anak merupakan hal yang penting. Termasuk penerapan protokol kesehatan 3M untuk meminimalisasi penularan virus korona.

Psikolog Anak dan Keluarga Sani Budiantini Hermawan mengatakan, memberikan pemahaman pada anak merupakan tantangan bagi orang tua. Sebab tidak semua anak mudah diberitahu. Apalagi untuk anak usia dini atau balita.

“Nggak semua anak mudah di kasih tahu, kalau sudah SD sudah bisa baca, sudah bisa cari tahu itu mungkin lebih mudah, tapi bagaimana dengan anak yang usia dini, balita, ini tantangan,” terangnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Satgas: Gotong Royong Kunci Menghadapi Pandemi Covid-19

Jadi, apa yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah mengetahui tahapan perkembangan anak. Bagi anak balita, yang dilakukan adalah memberikan pengertian dengan bahasa yang mudah dimengerti.

“Bahasanya harus nyambung, bayangin kalau bahasanya susah, anak nggak paham, jadi bahasanya harus dimengerti dulu oleh anak,” imbuhnya.

Orang tua juga menjadi role model dalam menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu wajib memakai masker, wajib mencuci tangan, wajib menjaga jarak. Sebab, anak akan mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya. Jangan juga menekan si anak menerapkan hal itu.

Baca Juga :  Laksanakan PTM, Guru Diminta Terus Lakukan Edukasi Prokes

“Jangan sampai orang tua menekan anak waktu memberitahu, sehingga anak merasa stres gitu, malah dia kebalikan gitu malah ngga mau karena stres kan, orang tuanya terlalu memaksa jadi yang penting adalah bahasanya dulu itu di satukan dengan perasaan anak,” tutupnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment