by

Review Realme C17 : Smartphone Layar Super, Memori Cadas

Meski tidak berurut seri, Realme terus menelurkan varian baru dari satu keluarga seri smartphone terbarunya ke pasar Indonesia. Seperti kali ini yang menghadirkan seri Realme C17 setelah meresmikan C15 beberapa waktu lalu. Kali ini, smartphone terbaru ini menghadirkan layar luas dengan memori sistem (RAM) besar yang sepertinya menjadi spesifikasi yang diandalkan pada produk smartphone gaming.

Sebagai smartphone yang pantas masuk dalam kategori gaming, tentu layar menjadi salah satu nilai jual yang ditawarkan produsen. Selain karena ukuran, produsen juga memberikan kemampuan refresh rate besar dalam untuk para gamers tetap nyaman bermain. Pun demikian dengan dapur padu yang ditanamkan, Realme seolah menunjukkan kemampuannya dalam menyinkronkan spesifikasi smartphone memompa performa.

Realme C17 adalah pilihan smartphone IDR2 jutaan yang hadir dengan fitur-fitur besar. Pilihan prosesor Snapdragon 460, kemampuan refresh rate layar yang menjangkau 90Hz dan pengaturan empat kamera di bagian belakang untuk fotografi menjadi tawaran yang sulit ditolak. Berikut ulasan kami mengenai smartphone dengan fitur besar ini.

Desain

Ciri khas yang membedakan C17 dengan C15 adalah inovasi desain layar yang digunakan produsen. Realme C17 memiliki inovasi baru dalam bentuk desain yang menerapkan hole display untuk posisi kamera bagian depan perangkat, berbeda dari sebelumnya yang menerapkan desain punch display atau layar ber-poni. Selain itu, realme C17 memiliki nuansa yang lebih premium dengan bentuk modul kamera persegi panjang yang terdapat di seri 7.

Masih pada bagian belakang bodi smartphone, seri ini diproduksi dengan dua warna yang berbeda. Yang pertama adalah biru tua reflektif dengan efek yang disorot, dan yang lainnya adalah biru muda dengan efek buram. Varian dua warna dinamakan Navy Blue dan Lake Green, klaimnya produsen terinspirasi dari bentukan air yang alami biru laut yang dalam dan cerah, sedangkan Lake Green ibarat warna air danau yang tenang.

Realme juga sepertinya cukup cermat untuk membuat form factor bodi menjadi lebih tipis, meski menyematkan baterai dengan kapasitas yang besar. Berbeda dengan smartphone terdhaulunya yang memiliki bobot berkisar 200g dengan ketebalan 9mm terutama di generasi C terakhir. realme C17 memiliki bodi yang lebih ringan dan lebih tipis, hanya 188g dan paling tipis di kelasnya dengan bobot 8,5mm untuk meringankan beban tangan.

Layar

Dimensi layar C17 berukuran 6.5 inci serta masih mengemas panel IPS LCD, seperti seri terdahulunya. Cocok untuk memainkan game dan memutar video kualitas HD, terlihat lebih luas dan masih cukup nyaman meski dipandang dari sudut 180 derajat sekalipun. Bahkan, teknologi Gorilla Glass juga menemani layar untuk memperkuatnya dari benturan atau goresan kecil.

Sebagai perangkat yang masih cocok berada di pilihan bidang gaming, Realme juga memiliki kemampuan refresh rate mencapai 90Hz ultra smooth kecepatan pengambilan sampel 120Hz dalam bentang 6.5 inci. Mampu menghasilkan 90 frame per detik, layar 90Hz memiliki kecepatan refresh 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan dalam setiap gesekan layar. Dengan layar besar 6,5 inci dan rasio layar-ke-tubuh ini, C17 memberi Anda pengalaman visual yang luar biasa. Layarnya juga hadir dengan rasio 20:9, 1600×720 resolusi HD+, 90% rasio layar-ke-badan, kecerahan 600nits.

Kamera

Seperti yang kami jelaskan di atas, realme mendesain empat kamera dengan susunan lensa dalam modul persegi panjang. Menggunakan sensor gambar 13MP sebagai kamera utama, sebuah kamera sudut-ultra lebar 8MP seluas 119 derajat, serta resolusi 2MP lensa makro dan resolusi 2MP lensa portrait B&W.
Kamera utama yang mengadopsi sensor gambar 13MP dengan area besar, serta memiliki aperture besar f/2.2. Untuk sensor utama ini mendukung PDAF dengan kemampuan 4x zoom memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang jelas dari jarak jauh. Pengambilan pada siang hari di luar ruang, dengan kondisi cahaya matahari yang optimal, hasil foto yang didapat cukup mengesankan, punya tingkat kecerahan yang cukup, ketajaman gambar yang juga oke, pewarnaan juga bagus.

Untuk pengambilan sudut lebar, C17 akan memaksimalkan sensor 8MP yang memiliki kemampuan pengambilan hingga sudut 119 derajat. Sehingga memungkinkan untuk mengambil foto pemandangan, bangunan, foto grup dengan banyak orang dan pemandangan jauh lainnya, Anda tidak perlu mundur. Foto hasil lansekap da arsitektur terlihat lebih baik dari smartphone sekelasnya.

Kemampuan memotret makro memungkinkan pengguna lebih dekat dan menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm. Begitupun halnya dengan kemampuan lensa Black and White, sistem filter warna baru memungkinkan lensa potret mendeteksi rangkaian cahaya yang lebih luas, membantu lensa utama menangkap cahaya dengan lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret.

Dalam pengambilan gambar di malam hari, Algoritma yang bekerja dalam mode Nightscape memiliki sistem pilah. Mengambil beberapa foto dalam pencahayaan berbeda, lalu menggabungkannya menjadi satu bidikan tunggal dengan mengambil bagian terbaik di setiap foto. Hasilnya, bidikan malam hari akan menjadi jauh lebih terang dan jernih.

Performa

realme C17 menggunakan prosesor Snapdragon 460, menggunakan desain arsitektur 11nm, sehingga lebih bertenaga dan efisien. Cip ini juga dilengkapi dengan struktur Kryo 240 di CPU dan Adreno 610 GPU. Dengan kombinasi LPDDR4x dan UFS 2.1, realme C17 menghadirkan pengalaman yang mulus bagi pengguna. Performa ciamik ini juga hasil dari konfigurasi produsen yang bisa dibilang smartphone dengan RAM terbesar yang ada di kelasnya saat ini, yaitu 6GB+256GB untuk segmen harga 2 jutaan. Uniknya, konfigurasi besar ini hanya diberikan khusus untuk pasar Indonesia.


Memainkan beberapa game online multiplayer, serta game dengan resolusi HD maupun Full HD tidak mengubah performa ponsel pintar ini menjadi lambat. Semua game ditampilkan dengan baik, tanpa ada warna latar permainan mengalami gradasi. Dalam pengukuran kinerja ponsel melalui aplikasi benchmark AntutuBench, Realme C17 mampu menorehkan angka yang cukup tinggi. Terlebih sistem kepintaran buatan yang ada di dalamnya untuk menjalankan beberapa tugas, seri ini mampu menorehkan angka cukup fantastis. Menunjukkan kehandalan ponsel ini dan pantas masuk dalam kategori pilihan smartphone baru Anda.

Baterai

realme C17 memiliki baterai kapasitas 5000mAh yang dapat digunakan untuk menikmati penggunaan lebih lama. Bahkan dalam mode siaga, jauh lebih baik daripada beberapa flagship lainnya. Dengan pengisian balik OTG khusus, realme C17 juga dapat menjadi penghemat baterai Anda. realme C17 dilengkapi dengan 18W Quick Charge dan hanya butuh waktu 30 menit untuk mengisi sampai 33%.

Selain karena kapasitas baterai besar, hal yang sangat membantu kinerja smartphone bisa dipakai lebih lama adalah beberapa fitur pendukung, seperti aplikasi Quick Freeze dan Screen Battery Optimization. Seperti namanya, Quick Freeze dapat secara cerdas membekukan aplikasi yang jarang digunakan untuk mengurangi penggunaan daya pada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Screen Battery Optimization akan sedikit menurunkan beberapa efek tampilan tanpa pemberitahuan untuk meningkatkan daya tahan baterai karena bekerja otomatis.

Siaga Telepon YouTube Musik Daring Instagram
Masa Pakai Baterai 809 jam 35 jam 19 jam 83 jam 24 jam

Kami menguji realme C17 dalam mode hemat daya super, hasilnya sangat mengesankan. Perangkat hanya menghabiskan 5% baterai dalam menggunakan WhatsApp atau YouTube selama hampir 1,2 jam. Dan jika Anda ingin mencari tempat untuk mengisi daya telepon, 38 jam waktu penggunaan akan sangat membantu bagi Anda untuk menemukan pengisi daya.

Fitur

Sebagai ponsel pintar, tentu banyak aplikasi yang dijalankan secara ganda bahkan lebih dari dua aplikasi dipakai pengguna dalam kesehariannya. Hal ini tentunya akan sangat menguras tenaga baterai Anda, namun beruntung sejumlah fitur penghemat baterai akan membantu hal itu. Selain fitur Quick Freeze dan Battery Optimization, fitur Super Power Saving Mode akan membantu memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan untuk tetap aktif sehingga bisa memperpanjang usia baterai yang sangat lama. Pada saat yang sama, smartphone akan menghidupkan strategi penghematan daya yang lebih agresif.

Eye Protection: Mendukung fungsi penyesuaian suhu warna layar, dengan menaikkan suhu warna layar untuk mengurangi radiasi cahaya biru layar, untuk mencegah ketegangan mata. Dapat diatur waktu secara otomatis untuk aktif. realme C17 selain mendukung pembukaan kunci sidik jari ultra-cepat, juga mendukung pengenalan wajah, yang dapat dengan mudah dibuka dengan satu klik atau pandangan, nyaman untuk dibuka dan aman untuk privasi Anda pada saat yang bersamaan.

Untuk ketahanan perangkatnya sendiri, Realme mendesain semua lubang di smartphone realme C17 kedap air dengan pelindung silikon yang secara efektif mencegah percikan air. Hingga Anda tak perlu kuatir menggunakan untuk menelpon saat hujan mendadak di tengah jalan. Fitur lainnya adalah memiliki varian memori 6GB+256GB yang didukung slot 3 kartu: 2 untuk kartu SIM dan satu untuk kartu MicroSD hingga 256GB.

Value for Money

Bukan hanya perihal harga, spesifikasi yang ditawarkannya dengan memori RAM sebesar 6GB dan ROM 256GB seharga IDR2 jutaan adalah tawaran yang sulit di tolak. Menimbang spesifikasi, performa dan tingkat persaingan yang sangat ketat di pasaran terutama di segmen menengah, sepertinya Realme C17 cukup ideal menjadi pilihan utama, memori cadas dan layar super.

The post Review Realme C17 : Smartphone Layar Super, Memori Cadas appeared first on KalbarOnline.com.

Comment

News Feed