Beda Ideologi, Pakar Sebut Perang Dingin AS-Tiongkok Bakal Lebih Lama

KalbarOnline.com – Hubungan Amerika Serikat dan Tiongkok diprediksi belum bisa berdamai dalam waktu dekat. Bahkan bisa berlangsung lebih lama hingga beberapa dekade dan tetap dalam situasi perang dingin.

“AS dan Tiongkok memiliki nilai-nilai yang bertentangan dan pada akhirnya akan tergelincir ke dalam perang dingin baru dalam beberapa dekade mendatang,” kata seorang analis Tiongkok dari Fitch Solutions, Darren Tay.

  • Baca juga: Tensi Meninggi, 2 Perusahaan Internet Tiongkok Pilih Hengkang dari AS

“Dengan perang dingin baru, akan ada perjuangan habis-habisan, mungkin generasi yang panjang, ekonomi global, militer dan ideologis,” tambahnya seperti dilansir dari CNBC, Kamis (1/10).

Menurut Darren, situasi tersebut dapat menyebabkan percabangan sebagian besar dunia menjadi blok pro-AS dan blok pro-Tiongkok. Dan, sejumlah negara terjebak di antaranya.

“Perpecahan antara dua ekonomi terbesar dunia kemungkinan akan memaksa negara-negara Asia Tenggara untuk memihak, meski mereka ingin menjadi pragmatis dan tetap bersahabat dengan kedua negara selama mungkin,” ungkapnya.

Baca Juga :  Setelah Banjir Besar, Badai Topan Hagupit Ancam Tiongkok

“Berada di Asia, tarikan dari gravitasi Tiongkok dalam hal ukuran dan pengaruhnya akan sulit untuk ditolak,” kata Darren dalam seminar virtual Asia Macroeconomic Quarterly Update.

Darren menjelaskan apa yang dia maksud dengan perselisihan ideologis antara AS dan Tiongkok. Dia merujuk pada memo Partai Komunis Tiongkok yang diedarkan pada 2013 yang mengidentifikasi demokrasi konstitusional dan kebebasan pers sebagai ancaman terhadap otoritas partai. Dia menunjukkan bahwa itu yang dianggap Barat sebagai nilai-nilai universal.

Dia mengatakan sektor teknologi telah menjadi medan pertempuran bagi AS dan Tiongkok, dan kemungkinan akan melihat perpecahan terbesar jika hubungan tidak membaik.

Dalam beberapa bulan terakhir, Washington semakin mempersulit Huawei untuk membeli semikonduktor yang dibutuhkan untuk memproduksi produknya. Pemerintahan Trump juga telah mencoba untuk menghapus aplikasi berbagi video dari Tiongkok yakni TikTok dari toko aplikasi AS, meski pengadilan AS akhirnya memblokir perintah itu untuk sementara.

Hanya saja, langkah-langkah kebijakan luar negeri yang agresif seperti daftar hitam dan larangan oleh kedua belah pihak tidak akan menjadi satu-satunya hal yang merusak hubungan keduanya.

Baca Juga :  Sinovac Umumkan Vaksin Covid-19 Buatannya Aman Untuk Lansia

“Sangat mudah untuk membayangkan konsumen Amerika yang tidak mempercayai perusahaan teknologi Tiongkok untuk berhati-hati dalam menjaga privasi mereka, dan untuk konsumen Tiongkok terkait dengan perusahaan teknologi AS,” katanya.

Kondisi saling boikot itu sangat mungkin terjadi jika hubungan AS-Tiongkok terus memburuk dan muncul semakin banyak ketidakpercayaan. Tidak hanya antara pemerintah tetapi antara rakyat dari dua kekuatan besar dunia tersebut.

Konsumen dari kedua belah pihak tampaknya sudah memboikot produk satu sama lain. Itu karena nasionalisme meningkat setelah pandemi virus Korona muncul. Sebuah laporan dari Deutsche Bank Research pada Mei mengatakan bahwa sebuah survei menemukan 41 persen orang Amerika tidak akan membeli produk Made in China lagi. Sementara 35 persen orang Tiongkok tidak akan membeli barang Made in USA.

Comment