Ternyata Bayi Sudah Mulai Belajar Sejak Dalam Rahim!

Ada banyak hal mengejutkan dari si Kecil yang mungkin tidak pernah Mums bayangkan sebelumnya. Selain mengalami perkembangan fisik yang begitu pesat, ternyata selama di dalam kandungan, bayi juga belajar banyak hal lho, Mums. Wah, lantas apa saja ya yang dipelajari oleh bayi selama di dalam rahim? Yuk, cari tahu!

Kapan Bayi Mulai Belajar Sejak Dalam Rahim?

Selain menjadi tempatn untuk bertumbuh, rahim Mums juga merupakan area bermain bagi bayi untuk melatih sensoriknya. Sejak kehamilan Mums menginjak usia 10 minggu, bayi sudah dapat menggeliat dan meregangkan kaki mungilnya.

Begitu janin menginjak usia 23 minggu, ia akan mulai mendengar suara Mums dan suara-suara lain di sekitar Mums. Bahkan, pada usia ini si Kecil sudah bisa menanggapi apa yang ia dengar dengan melakukan banyak gerakan.

Si Kecil juga sudah bisa mencicipi apa yang Mums konsumsi dan merespons saat Mums menyentuh perut. Melalui pengalaman inilah si Kecil akan mempersiapkan dirinya menyambut kelahirannya.

Selama masa kehamilan, Mums dapat membantu perkembangan kognitif bayi dengan berinteraksi kepadanya, misalnya melalui nyanyian atau obrolan. Menurut sejumlah penelitian, dengan membacakan cerita, memperdengarkan musik, atau sekadar berbicara, Mums dapat membantu bayi mempelajari hal-hal sederhana sejak dalam rahim.

Baca juga: Penyakit Jantung Bawaan Bisa Dideteksi Sejak Dalam Kandungan

Apa Saja yang Dipelajari Bayi Selama di Dalam Rahim?

Menjelang akhir trimester kedua, si Kecil akan mulai mendengar. Selain suara-suara utama di sekitar rahim Mums, seperti detak jantung, pernapasan, aliran darah, atau saluran pencernaan bekerja, bayi juga dapat mendengar suara-suara dari luar tubuh Mums. Ia pun akan mengenali suara Mums dan lebih suka mendengarnya dibandingkan suara orang lain.

Baca Juga :  Tips Agar Cepat Hamil Setelah Berhubungan Seks

Mendengarkan musik yang lembut bisa menjadi cara yang menyenangkan dan cukup efektif untuk meringankan rasa lelah ibu hamil. Suasana hati pun akan terasa lebih tenang. Namun lebih dari itu, sebuah studi memaparkan, jika alunan musik yang sama diputar ketika bayi sudah dilahirkan, ini akan membuatnya berhenti menangis, membuka mata, dan lebih tenang. Hal ini menunjukkan bahwa bayi sebenarnya dapat mengingat pengalamannya saat di dalam rahim dengan apa yang dirasakan oleh sang Ibu ketika mendengar alunan musik tersebut.

Tidak hanya mengingat suara, bayi juga mengingat rasa-rasa yang dikenalinya sejak dalam rahim. Makanan dan minuman yang Mums konsumsi selama hamil ternyata juga bisa memengaruhi rasa cairan ketuban. Melalui cairan ketuban inilah, bayi dapat belajar mengenali dan mengingat rasa.

Beberapa ahli percaya bahwa pengetahuan tentang rasa dapat membantu proses menyusui. Ini karena pola makan Mums juga memengaruhi rasa ASI yang dihasilkan. Nantinya, si Kecil juga lebih mudah beralih ke makanan padat selama proses menyapih karena ia sudah mengenali berbagai jenis rasa sejak masa kandungan dan menyusui.

Sebuah studi menunjukkan bahwa bayi yang ibunya minum banyak jus wortel selama trimester terakhir, lebih menyukai sereal rasa wortel daripada yang tawar. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan selama hamil untuk membantu bayi mengenali banyak rasa.

Baca Juga :  Dinkes dan KB Kayong Utara Siagakan 7 Posko Kesehatan di Jalur Mudik
Baca juga: Apa Saja yang Terjadi pada Bayi Dalam Kandungan?

Bagaimana Cara Bayi Belajar di Dalam Rahim?

Ada 3 cara yang dilakukan oleh bayi untuk mempelajari banyak hal sejak dalam kandungan, yaitu:

  • Belajar dari pengalaman. Misalnya, bayi dapat ditenangkan dengan ayunan lembut yang mengingatkannya pada gerakan dan suara tubuh Mums.
  • Belajar dari pengulangan. Misalnya, jika Mums sering membunyikan suara yang mengagetkan saat hamil, si Kecil mungkin tidak akan terlalu terkejut lagi ketika mendengar suara tersebut setelah dilahirkan.
  • Belajar dengan menghubungkan kondisi tertentu. Si Kecil dapat belajar menghubungkan pengalaman tertentu dengan perasaan Mums saat itu. Misalnya, jika Mums sering mendengarkan musik tertentu sambil bersantai, musik yang sama juga dapat menenangkannya setelah lahir.

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Bayi Belajar Sejak Dalam Rahim?

Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa memperdengarkan musik atau membacakan cerita untuk bayi sejak ia dalam kandungan dapat meningkatkan kecerdasan. Namun, mendengar suara Mums dapat membantu bayi merasa lebih dekat dengan Mums. Melakukan interaksi, misalnya dengan membelai perut, juga dapat membantu Mums merasa lebih rileks, mengurangi stres, dan meningkatkan bonding dengan bayi di dalam kandungan.

Wah, ternyata sejak dalam rahim pun, bayi sudah mempelajari banyak hal ya, Mums. Oleh karena itu, yuk mulai sekarang perbanyak interaksi dengan si Kecil meski ia masih dalam kandungan! (AS)

Baca juga: 4 Tips agar Anak Cerdas Sejak dalam Kandungan

Referensi

Baby Center. “Will my baby learn anything in the womb?

Comment