Mums, Kenali Gejala Kehamilan Aneh dan Tidak Biasa Ini!

Kehamilan merupakan momen yang paling dinantikan banyak wanita yang sudah menikah. Selama kehamilan, ada beberapa gejala umum yang akan dialami wanita, khususnya di awal kehamilan. Gejala umum tersebut di antaranya, mual dan muntah atau pusing. Namun, ada juga gejala kehamilan aneh yang tidak biasa.

Gejala kehamilan aneh dan tidak biasa ini bisa dirasakan wanita manapun termasuk Mums. Namun, kalau Mums mengalami beberapa gejala kehamilan aneh dan tidak biasa ini, tidak perlu khawatir! Mums bukanlah satu-satunya yang mengalaminya. Yuk, cek apa saja gejala kehamilan aneh dan tidak biasa tersebut!

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil dan Menyusui Vaksin Covid-19?

Gejala Kehamilan Aneh dan Tidak Biasa

Berikut beberapa gejala kehamilan aneh dan tidak biasa yang bisa saja Mums alami:

1. Lidah Mums Terlihat Seperti Peta Dunia

‘Lidah geografis’ adalah istilah untuk kondisi di mana lidah Mums mengalami inflamasi atau peradangan dan di permukaannya muncul ruam merah yang bentuknya seperti kepulauan. Lidah Mums menjadi terlihat seperti terbakar. Kondisi ini tidak berbahaya, namun bisa menimbulkan nyeri. Rasa nyerinya seperti nyeri terbakar dan menyengat. Hal tersebut bisa membuat Mums sulit makan.

Baca Juga :  5 Jenis Perubahan Kulit saat Hamil

2. Bau Mulut Tidak Sedap

Salah satu gejala kehamilan aneh dan tidak biasa adalah bau mulut yang tidak sedap. Penyebab umumnya adalah batu amandel, yaitu endapan kalsium yang diselimuti bakteri dan tumbuh di permukaan amandel. Bau mulut juga bisa menjadi gejala kehamilan yang umum. Gejala kehamilan ini juga bisa mengganggu dan semakin menyebabkan Mums ingin muntah.

3. Ketombe Meningkat

Kehamilan menyebabkan berbagai macam perubahan hormon di seluruh tubuh Mums. Hal ini bisa berdampak pada beberapa bagian tubuh lain, tidak hanya pada payudara dan perut. Salah satu bagian tubuh yang terkena dampak perubahan hormon adalah kulit kepala. Kehamilan bisa menyebabkan Mums memiliki rambut yang lebih berminyak ataupun lebih kering. Hal ini juga bisa membuat pertumbuhan ketombe meningkat di kepala.

Baca juga: Kebiasaan Sehat saat Hamil yang Perlu Mums Lakukan

4. Jerawatan

Kehamilan juga bisa membuat Mums kembali jerawatan seperti saat di masa remaja. Banyak wanita yang di awal kehamilannya mengalami kulit wajah berjerawat. Bahkan, bukan cuma di wajah, di punggung, leher, dan kepala. Untuk mengatasi jerawat saat hamil, Mums tidak boleh sembarang memakai obat atau krim. Konsultasikan ke dokter kandungan dan dokter kulit untuk mendapatkan produk perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil.

Baca Juga :  Mums, Sudah Tahu Belum Fakta Janin dalam Kandungan Berikut Ini?

5. Konstipasi

Konstipasi juga termasuk gejala kehamilan aneh dan tidak biasa yang bisa Mums alami. Konstipasi bisa membuat Mums sangat tidak nyaman. Bahkan, beberapa Mums mengaku bahwa jalan kaki dan makan serat tidak juga meredakan konstipasi yang mereka alami. Kalau Mums mengalami konstipasi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter, ya!

6. Bau Badan Tidak Sedap

Kehamilan meningkatkan produksi keringat dan indera penciuman Mums. Jadi, selain meningkatkan bau badan, Mums juga menjadi semakin tidak nyaman karena mudah mencium bau badan yang menyengat tersebut. Beberapa Mums bahkan mengaku bahwa seberapa sering-pun mereka mandi dan pakai deodoran yang aman, tetap saja bau badan tidak sedap tersebut tidak kunjung hilang.

7. Sering Tersedak

Kehamilan meningkatkan produksi air liur. Hal ini bisa membuat Mums jadi lebih sering tersedak, baik saat sedang makan ataupun sekadar saat sedang berbicara. (UH)

Baca juga: Mums, Pastikan Mengonsumsi Makanan Kaya Asam Folat Ini Selama Hamil!

Sumber:

What To Expect. Strange Pregnancy Symptoms. Desember 2020.
Very Well Family. Top 5 Weird Pregnancy Symptoms. September 2020.

Comment