Peran Penting Teknologi AR Di Proses Belajar Dan Mengajar Geologi

Salah satu tantangan paling penting dalam mengajar geologi adalah membawa dunia luar ke dalam kelas. Selama pandemi, jelas, ketidakmampuan untuk membawa siswa ke dalam kelas dengan aman tidak membuat hal tersebut menjadi lebih mudah. Namun beruntung, perkembangan teknologi telah menghadirkan alat digital yang dapat menyediakan cara baru untuk mengakses dunia di luar ruangan mana pun yang Anda temukan.

Geologi adalah ilmu yang sangat spasial dan dapat memerlukan banyak visualisasi 3-D. Model fisik sederhana seperti batu atau sedimen telah lama digunakan untuk membantu mengajar tentang hal-hal seperti bahan pembentukan atau struktur mineral kristal. Perkembangan teknologi dipercaya akan lebih kaya menghadirkan informasi yang jelas, menyajikan obyek, simulai dan data dari dunia yang lebih banyak.

Mngeutip dari laman arstechnica yang mengungkapkan bahwa sisualisasi augmented reality (AR) semakin mampu memenuhi janji itu. Sumber informasi mengungkapkan telah berbicara dengan Martin Pratt tentang pekerjaannya sebagai bagian dari Washington University di St Louis yang mengembangkan aplikasi untuk kelas, baik untuk perangkat khusus seperti Microsoft HoloLens dan untuk ponsel sebagian besar siswa sudah memiliki.

Baca Juga :  Benarkah Anak Menjadi “Lebih Pemarah" Setelah Bermain Game Online?

“Anda ingin mewakili data itu, bukan dengan cara proyektif seperti yang akan Anda lakukan di layar pada buku teks, tetapi sebenarnya dengan cara tiga dimensi,” kata Pratt.

Ia menjelaskan bahwa Anda benar-benar dapat melihatnya dan memanipulasinya persis seperti yang akan dilakukan dalam kehidupan nyata. Teknologi augmented reality yang ditemukan paling menarik dibandingkan dengan realitas virtual adalah bahwa ia menyediakan pengaturan guru-siswa yang jauh lebih intuitif. “Anda tidak tersembunyi di balik avatar. Anda dapat menggunakan isyarat bahasa tubuh [seperti] kontak mata untuk mengarahkan orang ke mana Anda ingin pergi.” Jelasnya.

Saat menyelesaikan gelar Ph.D. dalam seismologi beberapa tahun yang lalu, Pratt telah tertarik pada visualisasi data di sepanjang jalan. Dia mengambil tantangan untuk bekerja pada pembuatan aplikasi AR, dimulai dengan satu (berbasis iOS) yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi data gempa USGS terbaru dalam tiga dimensi bukan hanya peta 2-D. Anda dapat jauh lebih mudah memahami geometri batas lempeng tektonik dengan cara ini, atau bahkan menjelajahi pola foreshocks dan gempa susulan di sekitar gempa bumi.

Teknologi AR adalah alat praktis dan unik untuk mengajar dan belajar, terutama karena sistemnya tidak memerlukan perangkat baru yang mahal yang harus dibagikan. (Meskipun memiliki HoloLens tentu memiliki keuntungan di UI dan departemen kontrol.) Dan karena lebih banyak orang menemukan nilai dalam teknologi ini dan berkontribusi model baru objek dan tempat, kegunaannya dapat tumbuh.

Baca Juga :  Jangkau Target Kaum Muda, Oppo Gandeng Uniqlo

“AR mudah-mudahan akan menetes turun dalam beberapa tahun ke depan untuk menilai siswa. Sehingga mereka akan mengira, ‘Oh, saya tidak perlu hanya menggunakan laptop lagi. Saya benar-benar dapat menunjukkan data tiga dimensi ini bahwa saya mencoba untuk belajar dan memahami dengan cara yang berbeda dengan perangkat yang saya miliki ‘,” kata Pratt.

Pengguna AR juga tidak perlu menjadi mahasiswa sama sekali untuk bersenang-senang atau melakukan penggalian ilmu karena teknologi ini. Siapa pun dapat merasa bebas untuk berputar berjalan-jalan di bulan atau memanggil kristal eksotis ke meja kerja dengan teknologi Aumented Reality. Apakah ini akan membunuh pengetahuan?

The post Peran Penting Teknologi AR Di Proses Belajar Dan Mengajar Geologi appeared first on KalbarOnline.com.

Comment