Mencontoh Singapura, Hanya Tambah 40 Kasus Baru Covid-19 dalam Sehari

KalbarOnline.com – Singapura mampu mengendalikan jumlah pertambahan kasus baru Covid-19 setiap harinya. Terbaru pada Jumat (4/9) kemarin, hanya ada 40 kasus baru yang dikonfirmasi. Kini total kasus positif di Singapura sebanyak 56.948 orang.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“40 kasus itu mereka termasuk 3 kasus impor yang telah ditempatkan di rumah (Stay Home Notice) setibanya di Singapura,” kata Kementerian Kesehatan (MOH) Singapura seperti dilansir dari The Straits Times.

  • Baca juga: Klaster Baru Covid-19 Muncul di Singapura, Salah Satunya Tempat Wisata

Kementerian Kesehatan juga melaporkan bahwa beberapa mal termasuk Nex, VivoCity, dan Suntec City termasuk di antara tempat-tempat baru yang dikunjungi oleh pasien infeksi Covid-19. Dan yang baru ditambahkan ke daftar tempat yang dikunjungi pasien infeksi adalah Kompleks Bras Basah, Pasar dan Pusat Makanan Geylang Serai, dan Pusat Kota Woodlands. Cochrane Lodge II di 49 Admiralty Road West dikaitkan dengan 14 kasus, sementara 8 kasus yang baru dikonfirmasi dikaitkan dengan 10 kasus sebelumnya di klaster asrama Westlite Toh Guan.

Baca Juga :  Tren Turunnya Angka Kelahiran Negara Maju di Asia yang Bikin Pusing

Kementerian Kesehatan mengatakan penyelidikan epidemiologi dari kasus tersebut sedang dilakukan. Kontak dekat mereka juga telah diisolasi dan dikarantina, serta akan diuji pada awal dan akhir masa karantina.

Di antara 5 kasus impor yang diumumkan pada Kamis (3/9) adalah seorang warga Singapura yang kembali ke Singapura dari Bangladesh pada Senin (31/8), seorang penduduk tetap yang tiba dari India pada 22 Agustus, dan seorang warga Singapura yang tiba dari Uni Emirat Arab pada 22 Agustus.

Pasien impor lainnya adalah pemegang izin kunjungan jangka panjang yang tiba dari India pada 23 Agustus. Pasien impor yang tersisa adalah pemegang izin kerja yang saat ini bekerja dan tiba dari Filipina pada 22 Agustus.

Baca Juga :  Warga dan Pelaku Usaha Langgar Protokol Kesehatan di Pontianak Siap-siap Disanksi

“Kelimanya ditempatkan di rumah selama 14 hari setelah tiba di Singapura, dan diuji saat melayani pemberitahuan mereka di fasilitas khusus,” kata Depkes.

Rata-rata jumlah kasus harian baru di masyarakat (penularan lokal) dalam seminggu meningkat dari dua kasus pada dua minggu lalu menjadi tiga kasus dalam seminggu terakhir. Terdapat tambahan 137 pasien sembuh, sehingga sebanyak 56.013 pasien telah pulih sepenuhnya.

Sebanyak 52 pasien tetap di rumah sakit dan tidak ada yang dirawat secara intensif. Sementara 801 dirawat di fasilitas masyarakat.

Comment