Tempat Tidur Pasien Covid-19 di RSPP Simprug Mulai Penuh, Pasien Antre

KalbarOnline.com – Pasien Covid-19 mulai kesulitan mencari rumah sakit karena banyaknya kasus baru. Salah satu contoh ruang kapasitas tempat tidur yang sudah penuh terjadi di RS Pertamina Pusat (RSPP) Extension Modular di Simprug, Jakarta. RSPP tersebut memang khusus menangani pasien Covid-19.

Kini kondisi di sana sudah semakin kritis. Karena BOR (Bed Occupancy Rate) atau kapasitas tempat tidur sudah mencapai 95 persen untuk ruang perawatan dan ICU. Jadi hanya sisa 5 persen untuk pasien Covid lainnya.

Hal itu dibenarkan oleh Humas RSPP Agus Susetyo. Menurutnya RSPP Extension Modular Simprug memang khusus menampung pasien Covid-19. Berbeda dengan RSPP di Jalan Kyai Maja.

Baca Juga :  Tito Sarankan APK Calon Kepala Daerah Berupa Masker dan Hand Sanitizer

“Sehingga yang datang ke RSPP di Simprug harus sudah membawa hasil swab positif. Kalau baru merasa gejala, datangnya ke RSPP Kyai Maja nanti di skrining,” jelasnya kepada KalbarOnline.com, Rabu (2/9).

Agus membenarkan bahwa kapasitas tempat tidur di RSPP Pertamina Extension Modular Simprug sudah semakin menipis. Ada kapasitas 250 tempat tidur termasuk ruang perawatan dan ICU. Sisanya hanya tinggal 5 persen.

Baca Juga :  Orang Terkaya di RI Tokal PSBB DKI, Surati Presiden Jokowi

“Sekarang kapasitas bed terpasang, ready 95 persen terisi. Hanya sisa 5 persen.  Itu pun antre sudah banyak,” ungkapnya.

Menurut Agus, kapasitas tempat tidur di sana merupakan layanan ruangan bertekanan negatif. Dan pasien yang datang dan dirawat di RSPP Extension Modular Simprug adalah pasien dalam kondisi sedang-berat.

“Kalau yang ringan-sedang akan kami sarankan ke RS yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan atau di Wisma Atlet,” tuturnya.

“Atau jika masih ringan bisa disarankan isolasi mandiri,” katanya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment