Sejumlah Pegawai Giant Terpapar Corona, Margo City Mall Jadi Klaster Baru Covid-19

KalbarOnline.com – Margo City Mall akan melakukan penutupan sementara selama sepekan, mulai 19 Agustus hingga 25 Agustus 2020. Penutupan itu dilakukan menyusul keluarnya hasil tes swab karyawan Giant yang menyatakan ada 16 karyawan ritel Giant Extra Margo City, Depok, Jawa Barat terkonfirmasi positif Covid-19.

Jumlah ini kemungkinan masih akan bertambah, karena ada 15 pegawai lain yang saat ini masih menunggu hasil tes swab PCR mereka dirilis oleh laboratorium pada esok hari, Rabu (19/8/2020). Dengan ini, Giant Margo City dinyatakan menjadi klaster penularan Covid-19 di Depok.

“Melihat jumlah (kasus positif) yang cukup besar, bisa dikatakan seperti itu (klaster). Jadi dengan adanya penularan dari satu ke orang lain, bisa dikatakan ini klaster Giant Margo City,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana kepada wartawan, Selasa (18/8/2020).

Baca Juga :  Seorang Terduga Teroris Jaringan Jamaah Islamiyah Ditangkap Densus 88 di Palembang

Dadang menjelaskan, buntut dari cukup banyaknya kasus Covid-19 di pusat perbelanjaan ini, maka upaya mitigasi lebih lanjut bakal dilakukan. Giant Margo City disebut telah meminta pihak Gugus Tugas agar bantu memantau dan mendampingi upaya mitigasi ini.

“Mereka sudah meminta Pemadam Kebakaran dan Satpol PP untuk melakukan monitor terkait dengan pelaksanaan disinfeksi,” ungkap Dadang.

Dadang juga meminta warga tidak panik. Sejauh ini, GGTP Covid-19 Kota Depok tengah melakukan pelacakan terhadap siapa saja yang sempat menjalin kontak dengan 15 pegawai tersebut.

“Saat ini kita terus lakukan tracing sebagai koordinator pelayanan. Kita konsolidasi saat ini dan formulasi dari langkah-langkah kita nanti akan kita sampaikan,” kata Dadang.

“Jadi saat ini warga jangan panik dan kami melakukan langkah-langkah antisipatif,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Giant Margo City sendiri sudah diperintahkan tutup sementara oleh Gugus Tugas sejak 15 Agustus 2020 lalu menyusul temuan satu pegawainya positif Covid-19. Pegawai itu diketahui positif Covid-19 pada 5 Agustus 2020.

Baca Juga :  Pemkot Tangsel Segera Tindak Lanjuti Edaran Pemerintah Pusat Terkait PSBB Jawa-Bali

Sejak itu, tim pegawai Giant Margo City sebanyak 75 orang dikarantina di kediaman masing-masing dan pihak ritel menggantinya dengan tim baru, serta membersihkan area ritel.

Penelusuran kontak dari Pemkot Depok melalui Gugus Tugas Covid-19, dari 75 pegawai itu, hanya 30 di antaranya yang dilakukan tes swab karena melakukan kontak erat dengan pegawai yang positif tadi.

Dari 30 pegawai itu, 15 di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini. Sementara itu, sisa 45 pegawai lain dilakukan rapid test karena tidak kontak erat. Hasilnya, 30 pegawai nonreaktif. Sebanyak 15 lainnya reaktif dan sudah dilakukan tes swab, namun hasilnya baru terbit besok. [rif]

Comment