Kemenag Berencana Kembangkan Pola Pendidikan Keagamaan Khas Papua

KalbarOnline.com – Kemenag akan mengembangkan pola pendidikan agama dan keagamaan khas papua. Pengembangan pola pendidikan ini menjadi bagian dari program ‘Kita Cinta Papua’.

Hal ini ditegaskan Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury dalam Rapat Koordinasi Program Cinta Papua di Kantor Kementerian Agama Jakarta. Menurutnya, model pendidikan yang akan dikembangkan adalah khas, berbasis agama dan budaya Papua.

“Kita ingin mengembangkan pola pendidikan berbasis agama, berbasis budaya dalam sistem yang terpadu khas Papua,” ungkap Thomas, Selasa (18/08/2020).

Baca Juga :  Pangdam Jaya Akui Oknum Prajurit TNI Terlibat Penyerangan Polsek Ciracas, Ini Pemicunya

“Akan ada program Midras. Sistem pendidikan yang berbasis agama dan budaya, serta terpadu dari jenjang dasar, menengah dan tinggi. Kalau di Islam model pesantren,” lanjutnya.

Hadir, Dirjen Bimas Katolik Yohanes Bayu Samodro, Staf Khusus Menteri Agama Zul Effendi, Kepala PKUB Nifasri, serta pejabat eselon II di lingkungan Ditjen Bimas Kristen dan Bimas Katolik.

Selain secara kurikulum, akan dirumuskan juga bagaimana cara belajar yang pas bagi masyarakat Papua dengan pendekatan budaya. “Jadi, intinya kita akan mendesain pola pendidikan di Papua untuk orang Papua,” tandasnya.

Baca Juga :  Kapolri: Keselamatan Rakyat Hukum Tertinggi

Diketahui, Kementerian Agama telah meluncurkan program Kita Cinta Papua. Terdapat 3 (tiga) program utama di dalamnya. Pertama, bidang kerukunan dan moderasi beragama. Kedua, bidang Agama, Pendidikan Agama, dan Pendidikan Keagamaan. Ketiga, pembangunan gedung kantor layanan keagamaan, pembangunan/rehab rumah ibadat, pembanguan satuan pendidikan keagamaan, dan bantuan sarana keagamaan dan pendidikan keagamaan. [sam]

Comment