Cucu Mantan Presiden Kazakhstan Ditemukan Tewas di London

KalbarOnline.com – Cucu Mantan Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev, Aisultan Nazarbayev (29) ditemukan tewas di London pada akhir pekan kemarin. Diduga penyebab kematiannya karena gagal jantung.

Aisultan diketahui memiliki masalah narkoba dan semakin blak-blakan melawan tokoh-tokoh politik terkemuka di negara asalnya. Pada bulan Februari lalu, dia mengklaim memiliki bukti korupsi besar antara Kazakhstan dan Rusia.

Dia mengatakan di Facebook pada bulan yang sama bahwa dia sedang mencari suaka politik di Inggris, mengklaim bahwa dia dilecehkan oleh ibunya, Dariga Nazarbayeva, putri tertua Nursultan dan seorang tokoh politik terkenal di Kazakhstan dengan haknya sendiri. Namun klaimnya dibantah oleh pemerintah setempat dan mengatakan jika kata-kata kasar itu keluar dari seorang pecandu narkoba.

Baca Juga :  Corona dan Narasi Agama

Aisultan adalah cucu kesayangan kakeknya dan pada satu titik sedang dipersiapkan untuk jabatan tinggi. Pada 2009, dia kuliah di Sandhurst, perguruan tinggi militer bergengsi di Inggris. Dia kemudian memegang jabatan di Kementerian Pertahanan ketika dia baru berusia awal dua puluhan.

Dariga mengkonfirmasi kematiannya dalam sebuah pernyataan kemarin. “Keluargaku hancur karena kehilangan Aisultan yang kami cintai, dan kami meminta privasi pada saat yang sangat sulit ini,” bunyi keterangan tersebut seperti dilansir dari Anadolu Agency.

Baca Juga :  Pelaku Vandalisme Mushola di Tangerang Tidak Gila, Polisi: Belajar Agama dari Youtube

Menurut Daily Mail, Aisultan pernah menjadi anggota akademi muda sepak bola Chelsea, yang kabarnya diatur oleh pemiliknya Roman Abramovich atas permintaan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dia juga dilaporkan membayar £ 2 juta untuk musisi Kanye West untuk tampil di pernikahannya pada 2013 dengan Alima Boranbayeva, putri seorang pengusaha Kazakhstan terkemuka. [sam]

Comment