Tokopedia Play Fest, Festival Virtual Perayaan Kemerdekaan Produk Lokal

Perkembangan UMKM di Tanah Air diperlukan dorongan dari beragam pihak, baik regulasi maupun pelaku bisnis lainnya. Kehadiran perusahaan teknologi yang mengembangkan aplikasi, kini memberikan jalan baru bagi pelaku usaha kecil menengah ini, sehingga tak lagi kerepotan dan kebingungan soal pemasaran produknya. Tokopedia sebagai marketplace memiliki peran penting dalam mendorong kemajuan UMKM ini, melakukan inovasi dan kolaborasinya.

Tokopedia mengungkapkan telah memiliki lebih dari 8,6 juta penjual yang 94%nya berskala ultra mikro, dikunjungi lebih dari 90 juta masyarakat per bulan dan menjangkau 98% kecamatan di Indonesia. Sebagai bentuk apresiasi terhadap para mitra strategis yang berperan dalam 11 tahun berkarya untuk Indonesia, Tokopedia menghadirkan Tokopedia Play Fest lewat kanal video streaming Tokopedia Play.

“Melalui Tokopedia Play Fest, Tokopedia berharap bisa menginspirasi sebanyak-banyaknya masyarakat Indonesia bahwa salah satu kunci menghadapi pandemi adalah berinovasi dan berkolaborasi. Mari rayakan kemerdekaan dengan semangat baru dan terus bersatu lawan pandemi. Bersama-sama kita #JagaEkonomiIndonesia dengan mendudukkan buatan Indonesia di kursi juara,” tutup William Tanuwijaya, Founder dan CEO Tokopedia, dalam siaran resminya.

Melalui perayaan Tokopedia PLayFest sekaligus perayaan HUT-RI ke75 dan ke-11 perusahaan, dalam pagelaran acara yang terdiri dari sejumlah talkshow bersama para pembicara inspiratif dari berbagai latar belakang. Mulai dari pakar teknologi Tokopedia, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, sederet pegiat usaha lokal dan lainnya. Salah satu pegiat usaha yang akan menjadi pembicara di Tokopedia Play Fest adalah Dewanti Amalia Artasari, pemilik Dewa Collection Bali.

Baca Juga :  Mitra Tokopedia Bantu Ekosistem Warung di Tengah Gempuran Pandemi

Amalia menerangkan bahwa memulai bisnis dari belajar produk kerajinan tangan yang dilihatnya dari media social video, Youtube. Berkecimpung selama tiga tahun dalam bisnis kerajinan tangan telah membuatnya berani membuka toko offline. Namun saying, tidak berselang lama akibat dari Pandemi Covid-19 yang menimpa Dunia termasuk Indonesia, bisnis harus tutup.

“Di tengah situasi Pandemi ini, marketplace Tokopedia adalah yang paling banyak membantu pebisnis local atau pelaku usaha kecil menengah seperti kami. Sehingga bias mempertahankan bisnis,” ungkapnya.
Dirinya yang merasa beruntung dibantu Tokopedia, kini mengalami perkembangan bisnis yang cukup maju dengan banyaknya pesanan online dari banyak pelosok. Kini, Amalia bias kembali bangkit dari bisnisnya, bahkan bias mempekerjakan pegawai sebanyak 30 orang dan pendapatannya meningkat hingga lima kali lipat.

Baca Juga :  Gedung DPR Dijual di Shopee, Belum Ada yang Beli, Iklan sudah Dihapus

Menurut, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi yang hadir dalam acraa TalkShow memberikan semangat bagi masyarakat untuk tetap optimis di tengah pandemi melalui talk show ‘Leaders are Human Too’. “Situasi yang kita hadapi saat ini bukan situasi yang mudah, namun kita tidak boleh menyerah dan harus tetap optimis. Jangan pernah kendorkan optimisme dan persatuan kita sebagai bangsa. Mari bersama-sama menyebarkan energi positif dalam semangat gotong royong. Generasi muda pasti bisa,” ujar Retno.

Di sisi lain, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, mengatakan, dalam menghadapi kondisi pandemi, langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah tentu yang pertama di bidang kesehatan.
“Kami juga melakukan bantuan sosial sekaligus memberikan banyak sekali dukungan bagi para pelaku usaha lokal di Indonesia agar mereka dapat terus bertahan dan tetap berkarya. Hal ini merupakan langkah penting yang harus terus kita upayakan demi membangkitkan sisi ekonomi sosial Indonesia dengan tetap semangat,” ujarnya.

The post Tokopedia Play Fest, Festival Virtual Perayaan Kemerdekaan Produk Lokal appeared first on KalbarOnline.com.

Comment