Sambut HUT ke 75 RI, Blibli Ajak Pelaku UMKM Jadi Pejuang Lokal

KalbarOnline.com – Blibli, salah satu platform E-Commerce lokal terbesar di tanah air mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menjadi pejuang lokal. Hal ini ditujukan untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 75 sekaligus demi mendorong pemulihan ekonomi di tanah air akibat pandemi Covid-19.

Melalui gerakan “Pejuang Lokal”, Blibli mendorong UMKM memanfaatkan potensi platform online yang bertumbuh di masa pandemi Covid-19. Blibli mendorong UMKM untuk berinovasi, dan mengajak konsumen untuk membeli produk lokal agar dapat secara aktif membantu pemulihan ekonomi Indonesia.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), saat ini pelaku UMKM yang baru memanfaatkan platform online baru 13 persen atau sekitar 8 juta pelaku UMKM. Sedangkan 87 persen lainnya masih menjalankan usaha secara offline.

Di tengah pandemi ini, Blibli melihat adanya potensi bagi pelaku UMKM untuk tumbuh dan memanfaatkan platform online. Melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Blibli turut berpartisipasi melalui kampanye Karena Lokal No.1 untuk terus mendukung industri UMKM yaitu dengan cara mengajak para seller UMKM untuk bergabung dan berjualan secara online di platform Blibli dan juga mengajak masyarakat Indonesia untuk membeli produk-produk lokal buatan UMKM Indonesia.

Baca Juga :  ICT Institute: OTT Asing Masuk ke Indonesia Tapi Tidak Mau Dikontrol

“Melalui inisiatif ini, Blibli mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mendorong pertumbuhan industri UMKM. Tentunya agar dapat beradaptasi di tengah situasi saat ini dan dapat memanfaatkan platform online seperti Blibli,” ucap Andreas A. Pramaditya, Vice President Galeri Indonesia Blibli di jumpa pers virtual pada Jumat (14/8) sore.

Dirinya melanjutkan, Blibli akan menyediakan ekosistem menyeluruh untuk terus mendukung pengembangan UMKM Indonesia. Melalui platform yang dimiliki oleh Blibli, hal tersebut diharapkan dapat mendorong terciptanya peluang pasar baru dan pasar yang lebih luas bagi seluruh pelaku UMKM yang bergabung.

“Melalui inisiatif ini, Blibli ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mendorong pertumbuhan industri UMKM. Tentunya agar dapat beradaptasi di tengah situasi saat ini dan dapat memanfaatkan platform online seperti Blibli,” lanjut Andreas.

Baca Juga :  Akses Pasar Telekomunikasi di Indonesia sangat Besar

Adapun inisiatif Pejuang Lokal ini mengajak para pelanggan untuk turut berjuang dengan membeli produk-produk UMKM. Di sisi lain pelaku UMKM juga memiliki peran sebagai Pejuang Lokal dalam menyediakan produk lokal dengan kualitas terdepan agar dapat terus mengembangkan bisnisnya.

Lebih lanjut inisiatif Pejuang Lokal ini juga diwujudkan dalam rangkaian kegiatan yang terdiri dari menyediakan kurasi produk lokal pilihan untuk memudahkan pelanggan membeli produk-produk UMKM, TikTok Challenge Pejuang Lokal untuk menumbuhkan rasa cinta produk lokal di kalangan generasi milenial, serta terus menjalankan program pendampingan bagi para pelaku UMKM di tengah pandemi.

Beberapa pelaku UMKM yang bergabung di Blibli juga telah menjadi Pejuang Lokal atas kontribusinya sebagai pemberi solusi perubahan sosial atau sociopreneur. Mulai dari menciptakan lapangan kerja, kontribusi terhadap lingkungan dan penambahan keterampilan.

Comment