Program ‘Garda Kagum’ Kemenag, Ikhtiar Bangun Profesionalitas Guru Madrasah

KalbarOnline.com – Menteri Agama Fachrul Razi meluncurkan Gerakan Pemberdayaan Komunitas Guru Madrasah Kementerian Agama RI atau yang disingkat menjadi Garda Kagum Kemenag, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Garda Kagum menurut Fachrul, merupakan upaya Kementerian Agama untuk mendorong guru dan tenaga kependidikan madrasah dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalitasnya berbasis komunitas.

“Meskipun bangsa Indonesia, bahkan hampir semua negara di seluruh dunia juga sedang diuji oleh pandemi, namun para guru madrasah tidak boleh berhenti untuk terus berinovasi,” kata Fachrul, di Jakarta, kemarin.

Turut mendampingi Menag dalam peluncuran tersebut, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani dan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Suyitno.

Baca Juga :  Satuan Tugas Covid-19 Satu-satunya Rujukan Informasi Virus Corona

Menurut Menag dalam kondisi yang terbatas pun, guru tidak boleh kehilangan semangat untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas. “Di sinilah urgensi penguatan dan pemberdayaan guru berbasis komunitas, sejalan dengan PMA 60 Tahun 2015,” tegas Fachrul.

Program Garda Kagum Kemenag lanjut Menag menerapkan gerakan  peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan dengan prinsip bottom up, dan tidak selalu top-down. Hal ini disebabkan, guru yang bersangkutan yang paling tahu kebutuhan peningkatan mutu yang sering dihadapi di Lapangan.

Baca Juga :  Muktamar PPP IX, Momentum Kebangkitan atau Kebangkrutan?

“Saya berharap program ini nantinya dapat melakukan pemetaan kompetensi guru dan tenaga kependidikan berdasarkan pada problem kompetensi dan profesionalitas sesuai realitasnya,” tandas Menag.

Rangkaian kegiatan peluncuran diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Guru  Madrasah dan Hymne Madrasah, serta dilanjutkan dengan dialog interaktif Menag dengan perwakilan guru madrasah secara virtual. Peluncuran Garda Kagum ini juga diikuti oleh seluruh Kepala Kantor Wilayah Kemenenag dan Kantor Kemenag dari seluruh daerah. [sam]

Comment