Anti Korslet, Mobil Listrik Ini Nekat Terjang Banjir Tanpa Kendala

KalbarOnline.com – Salah satu yang dikhawatirkan dari kendaraan listrik adalah sisi kekuatan dan keamanan saat digunakan ketika hujan atau banjir. Seolah ingin membuktikan bahwa kendaraan listrik aman untuk digunakan saat hujan bahkan menerjang banjir, pengemudi Tesla Model 3 di Tiongkok baru-baru ini viral.

Melalui sebuah video yang beredar di banyak forum internet dan media sosial (medsos), sebuah mobil listrik Tesla Model 3 di Tiongkok kedapatan sanggup menerobos banjir yang cukup dalam. Tesla Model 3 putih terlihat melewati air banjir dengan sedikit keributan. Dalam klip yang beredar, sedan listrik itu tampak melaju ke tempat parkir dan dalam prosesnya, meluncur menuruni lereng kecil sampai seluruh ujung depannya tertutup air.

Baca Juga :  PMI Melawi Salurkan 100 Paket Sembako ke Korban Banjir

Meskipun terdapat risiko dari mengendarai mobil dalam kondisi banjir, mobil listrik Tesla itu tetap berjalan, tanpa kendala apapun. Bahkan tak menunjukkan masalah korsleting seperti yang dikhawatirkan.

Tapi, mengendarai mobil menerjang banjir bukanlah ide yang baik bagi jenis kendaraan apapun. Terlepas dari mesinnya apakah mesin pembakaran internal konvensional atau mesin listrik.  Kecuali jika untuk mobil off-road dengan ban medan lumpur yang besar, ground clearance tinggi, dan snorkeling pernapasan mesin.

Seandainya ini adalah mobil bermesin pembakaran internal yang normal, kemungkinan besar bisa mengalami hidrolocking dan mengalami kerusakan parah. Di permukaan, Tesla tampak baik-baik saja, tetapi itu tidak berarti bahwa semuanya bagus di area dalam.

Baca Juga :  Benelli Tantang Honda Gold Wing, Siap Luncurkan 1200 GT

Kemungkinan juga air masuk ke kabin selama Model 3 itu menerjang air. Namun kembali pada 2016, Elon Musk, CEO Tesla yang terkenal pernah menulis di Twitter-nya bahwa Model S bahkan bisa mengapung cukup baik untuk mengubahnya menjadi perahu untuk waktu yang singkat dengan menambahkannya dorongan melalui rotasi roda.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment