Pemerintah Distribusikan 125 Ribu Alat Rapid Test Virus Corona ke 34 Provinsi

KalbarOnline.com – Pemerintah telah mendistribusikan sebanyak 125 ribu alat test cepat (Rapid Test kit) virus corona (Covid-19) ke 34 Provinsi seluruh Indonesia. Alat tersebut diprioritaskan bagi masyarakat yang memiliki keterkaitan dengan pasien positif corona.

“Saat ini kita telah mendistribusikan sebanyak 125 ribu kit untuk pemeriksaan cepat yang didistribusikan di 34 provinsi,” kata Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto di BNPB Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Rapid Test itu nantinya, tambah Yuri akan dilaksanakan kepada masyarakat yang secara kontak dekat pasien positif corona. Selain itu, petugas kesehatan juga menjadi prioritas pemerintah untuk dilakukan pengecekan melalui alat Rapid Test tersebut.

Baca Juga :  Sah! UU Cipta Kerja yang Diteken Jokowi 1.187 Halaman, Nomor 11 Tahun 2020

“Karena kita tau bahwa mereka adalah kelompok yang sensitif, untuk rentan terifeksi covid-19,” tuturnya.

Selain itu, dalam pengiriman alat test selanjutnya yang jumlahnya lebih besar barulah akan dilakukan pengecekan terhadap wilayah yang dianggap rentan terjadi penyebaran virus asal Thiongkok tersebut.

“Dalam pengiriman berikutnya dengan jumlah yang lebih besar nanti akan berbasis pada daerah dimana kasus ini ditemukan dan kemudian kita anggap sebagai daerah yang berpotensi untuk munculnya penularan,” katanya.

Baca Juga :  Renungan Menyikapi Wabah Corona dan Sikap Umat Muslim Saat Terjadi Musibah

“Ini prioritas yang kita lakukan pada pemeriksaan rapid pada tahapan pertama, sudah barang tentu kalau catridge kit yang kita datangkan semakin banyak nanti kita akan berbasis pada wilayah. Sementara ini kita masih presing pada kelompok yang memiliki kerentanan tinggi yaitu kontak dekat dan petugas kesehatan,” tambahnya. [rif]

Comment