Dick Pound: Olimpiade Ditunda

KalbarOnline.com, TOKYO—Anggota Komite Olimpiade
Internasional (IOC), Dick Pound mengatakan kepada USA Today bahwa Olimpiade
Tokyo akan ditunda hingga 2021. Jadwal awal, Olimpiade akan berlangsung antara
24 Juli dan 9 Agustus tahun ini.

Kanada dan Australia telah menarik diri dari Olimpiade karena masalah keamanan, dengan Inggris Raya akan mengikuti. “Berdasarkan informasi yang dimiliki IOC, penundaan telah diputuskan,” kata Pound dikutip dari Football Italia.

Perubahan jadwal belum ditentukan menurut pria bernama lengkap Richard William Duncan “Dick” Pound tersebut. Namun, mantan juara renang Kanada yang juga adalah presiden pertama Badan Anti-Doping Dunia dan wakil presiden Komite Olimpiade Internasional itu memastikan Olimpiade tidak akan digelar tahun ini. “Olimpiade tidak akan dimulai pada 24 Juli, setahu saya,” ujarnya.

Baca Juga :  Lepas Kloter 28 Jemaah Haji, Gubernur Kalbar Jelaskan Keutamaan Air Zamzam

Pada 22 Maret, Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach mengatakan bahwa keputusan akhir tentang ditunda atau tidaknya pesta akbar olahraga dunia ini akan dibuat dalam empat minggu.

“Itu akan datang secara bertahap. Kami akan menunda ini dan mulai berurusan dengan semua konsekuensi dari memindahkan ini, yang sangat besar,” kata Pound yang pernah dinobatkan sebagai salah satu dari 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia oleh Majalah Time.

Baca Juga :  Raffi Ahmad Punya Saham di Persija

Sementara itu, sebuah sumber di IOC mengatakan kepada Sputnik News bahwa klaim Dick Pound tentang penundaan Olimpiade Tokyo 2020 adalah penilaian pribadinya. Menurutnya, IOC belum memutuskan jadwal apapun.

Penyelenggara Olimpiade Tokyo mengatakan bahwa beberapa opsi akan dipertimbangkan, tetapi mengesampingkan membatalkan even empat tahunan ini. Jepang sendiri sejauh ini telah mendaftarkan lebih dari 1.000 kasus virus corona. (amr)

Comment