Pasien Corona Meningkat, RSPI Tambah Alat Pelindung

KalbarOnline.com – Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang RSPI Sulianti Saroso, Dyani Kusumowardhani, mengatakan saat ini pihaknya sedang mengupayakan penambahan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas yang melakukan kontak dengan pasien terkait virus corona (Covid-19).

Alhamdulillah, kami masih punya cukup persediaan saat ini, dan kami juga sedang mengupayakan tambahan (APD) karena pasien ada terus, bertambah terus,” kata dia, Selasa (10/3/2020).

Hingga Selasa (10/3), ada enam pasien positif corona dan tiga pasien dalam pengawasan yang diisolasi di RSPI. Dyani mengatakan pihaknya juga mengalihtugaskan perawat dari bagian lain ke ruang isolasi. “Jadi disesuaikan dengan kebutuhan di ruang isolasi,” ucap dia.

Baca Juga :  Berdayakan Ojol di Tengah Pandemi Corona, BAZNAS Hadirkan Program Cash For Work

Untuk mengantisipasi peningkatan kasus virus corona, Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Muhammad Syahril mengatakan pihaknya akan menambah ruang isolasi.

“Kita mempersiapkan apabila terjadi eskalasi, skenario berikutnya untuk ruang-ruangan untuk diisolasi, cuma isolasinya tidak bertekanan negatif, tetap satu orang satu kamar dengan ventilasi yang bagus,” kata dia, Senin (9/3). “Tapi kita nggak berharap ya, tidak berharap banyak, kita bisa sampai 150 tempat tidur kalau terjadi yang eskalasi,” lanjut dia.

Sebelumnya, Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto, mengumumkan ada 8 pasien baru yang terkonfirmasi positif Corona berdasarkan hasil tes dan analisa dokter.

“Kemarin sudah mengumumkan pasien dengan kode 01 sampai 19. Saya akan lanjutkan hari ini, hasil lab siang tadi dan analisis bersama ahli. Total jumlah (pasien) baru delapan,” kata Yurianto kepada wartawan di kantor staf kepresidenan, Selasa (10/3/2020).

Baca Juga :  Gubernur Herman Deru Keluarkan Edaran Pelarangan Minta Sumbangan di Jalan Umum 

Sejumlah pasien tertular di luar negeri, lalu masuk ke wilayah RI. Namun ada juga tambahan pasien yang tertular di dalam negeri.

Yuri kemudian menjelaskan, delapan orang pasien Covid-19 yang baru dinyatakan positif virus corona sebagai berikut: Pasien 20 merupakan perempuan berusia 70 tahun. Dia merupakan bagian dari penelusuran atau tracing dari subklaster Jakarta.  Pasien 21 merupakan perempuan berusia 47 tahun.

Comment