Ini Identitas WNA Asal Afghanistan yang Berjualan di Pasar Butung Makassar

KalbarOnline.com, MAKASSAR – Identitas WNA asal Afghanistan terungkap. Setelah Rumah Detensi Imigran (Rudenim) Makassar mengamankan Zuleykha di Pasar Butung.

Zuleykha merupakan pengungsi asal Afghanistan yang mengungsi di Indonesia sejak 2014 lalu. Karena kondisi negaranya yang sedang tidak aman.

Wanita berusia 28 tahun itu, merupakan kelahiran 9 April 1991. Dia tinggal di salah satu pondok di Jalan Daeng Tata 1, Kota Makassar.

“Dia (Zuleykha) sudah berada di Indonesia sejak 27 Juli 2014 di Kota Medan. Sekarang pindah ke Kota Makassar, pada 18 Agustus 2014 sampai sekarang,” jelas Kepala Seksi Registrasi, Administrasi, dan Pelaporan Rudenim Makassar, Rita saat dikonfirmasi, Senin (9/3/2020).

Baca Juga :  Ahli Waris Kru Pesawat dapat Santunan 48 Kali Upah dari BP Jamsostek

WNA asal Afghanistan ini terbilang nekat. Dia mencari suaka dengan berdagang baju di pasar Butung, via online di media sosial. Dia pun juga fasih berbahasa Indonesia.

Namun Rudenim tidak tinggal diam. Zuleykha dicari oleh petugas. Dengan menyisir tempat menjual WNA itu di sekitar pasar Butung.

Baca Juga :  Bamsoet Bersama IMI Pacu Standarisasi Tata Cara Berkendara Berkelompok

Saat tiba di lokasi, petugas langsung naik ke lantai dua blok J. Di sana, Zuleykha tak bisa apa-apa. Dia menerima dengan tindakan petugas kepada dirinya saat diamankan.

Setelah itu, Zuleykha diminta menandatangani surat pernyataan untuk tidak lagi mengulangi perbuatannya itu.

“Sekarang kamu menandatangani pernyataan. Anda tidak akan mengulangi lagi untuk bekerja. Karena kalau kedapatan, akan kami tempatkan di Rudenim,” tegas Kepala Rudenim Makassar, Togol Situmorang kepada Zuleykha. (Agus)

Comment