Sutarmidji Ajak Seluruh Komponen Masyarakat Bersama Bangun Kalbar

HUT ke-62 Pemerintah Provinsi Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama membangun Kalimantan Barat. Dirinya menegaskan tak akan menutup diri untuk bekerjasama dengan semua pihak, termasuk para pemimpin terdahulunya dan lawan politiknya saat pilkada lalu.

Ia menyatakan bersyukur pada HUT ke-62 Pemprov Kalbar, semua pihak hadir, termasuk Gubernur Kalbar periode 2008-2018, Cornelis, para pensiunan PNS Kalbar dan tokoh masyarakat lainnya.

“Ini merupakan modal sosial bagi Pemprov Kalbar untuk membangun ke depan. Kita harus selesaikan bersama berbagai persoalan yang ada di Kalbar untuk anak cucu kita, sehingga saat ini saya sangat serius untuk membangun SDM Kalbar, agar sumber daya alam yang besar yang ada di Kalbar ini bisa kita kelola dengan baik nantinya,” ujarnya, usai memimpin upacara peringatan HUT ke-62 Pemerintah Provinsi Kalbar di kantor Gubernur Kalbar, Senin (28/1/2019).

Baca Juga :  Niatnya Ingin Dorong Optimalisasi Potensi Desa, Sekda Kalbar Malah Kecewa Gara-gara Ini

Di usia ke-62 tahun ini, kata dia, Provinsi Kalbar menunjukkan perubahan yang besar di berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Dari sisi pertumbuhan ekonomi, lanjutnya, Kalbar juga sudah baik, dimana selalu tumbuh di atas rata-rata nasional yang artinya investor banyak melirik untuk investasi di Kalbar.

Meski demikian, lanjutnya, investasi harus diarahkan untuk menyerap tenaga kerja lokal yang dibutuhkan perusahaan. Hal itulah, kata dia, yang akan dikaji secara mendalam oleh Pemprov Kalbar.

“Kita harus selaraskan, sehingga ke depan pemerintah tidak akan mengizinkan produk lokal yang kita hasilkan keluar begitu saja sebagai bahan mentah, namun harus diolah melalui industri hilir yang ada di Kalbar, sehingga menjadi nilai tambah dan menyerap semakin banyak tenaga kerja di Kalbar,” katanya.

Baca Juga :  Berkas Lengkap, Milton-Boyman Akan Medical Check-up Besok

Meski demikian, Sutarmidji turut mengakui bahwa kendala yang dihadapi saat ini adalah kesiapan infrastruktur dan listrik yang belum memadai, sehingga hal itu belum bisa dilakukan. Tapi dirinya optimistis dengan kerja sama yang baik dari semua pihak, masalah itu bisa diselesaikan.

“Hal ini yang akan kita pecahkan bersama, sehingga semakin banyak pabrik industri hilir yang dibangun di Kalbar dan kita harus tegas kepada setiap perusahaan yang ada untuk mengolah sendiri apa yang mereka hasilkan,” tegasnya.

Pembangunan Kalbar lima tahun ke depan, ditegaskannya, semua pihak terkait harus bisa memainkan peran dan kapasitas dengan baik, agar pembangunan Kalbar bisa berjalan terarah dan semakin baik.

“Melalui momentum peringatan HUT ke-62 Pemerintah Provinsi Kalbar ini, saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama, bahu membahu membangun daerah yang kita cintai ini,” pungkasnya. (*/Fai)

Comment