Injak Usia ke-62, Sutarmidji : Kalbar Sudah Mengalami Banyak Perubahan Besar

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menuturkan bahwa di usia ke-62 tahun ini, Provinsi Kalbar telah mengalami banyak perubahan besar di berbagai bidang.

“Dari sisi pertumbuhan ekonomi, Kalbar sudah baik, selalu tumbuh di atas rata-rata nasional. Itu capaian yang baik. Artinya investor sangat melirik Kalbar untuk berinvestasi,” ujar Sutarmidji saat diwawancarai usai memimpin upacara peringatan HUT ke-62 Pemerintah Provinsi Kalbar, Senin (28/1/2019).

Meski demikian, lanjutnya, investasi harus diarahkan untuk menyerap tenaga kerja lokal yang dibutuhkan perusahaan. Hal itulah, kata dia, yang akan dikaji secara mendalam oleh Pemprov Kalbar.

Baca Juga :  Bupati Kubu Raya Mantu, Yuk... Lihat Profil Kedua Mempelai

“Kita harus selaraskan, sehingga ke depan pemerintah tidak akan mengizinkan produk lokal yang kita hasilkan keluar begitu saja sebagai bahan mentah, namun harus diolah melalui industri hilir yang ada di Kalbar, sehingga menjadi nilai tambah dan menyerap semakin banyak tenaga kerja di Kalbar,” katanya.

Meski demikian, Sutarmidji turut mengakui bahwa kendala yang dihadapi saat ini adalah kesiapan infrastruktur dan listrik yang belum memadai, sehingga hal itu belum bisa dilakukan. Tapi dirinya optimistis dengan kerja sama yang baik dari semua pihak, masalah itu bisa diselesaikan.

Baca Juga :  DPW APPI Kalbar Kenalkan Diri ke Pemerintah Daerah

“Hal ini yang akan kita pecahkan bersama, sehingga semakin banyak pabrik industri hilir yang dibangun di Kalbar dan kita harus tegas kepada setiap perusahaan yang ada untuk mengolah sendiri apa yang mereka hasilkan,” tegasnya.

Pembangunan Kalbar lima tahun ke depan, ditegaskannya, semua pihak terkait harus bisa memainkan peran dan kapasitas dengan baik, agar pembangunan Kalbar bisa berjalan terarah dan semakin baik.

“Melalui momentum peringatan HUT ke-62 Pemerintah Provinsi Kalbar ini, saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama, bahu membahu membangun daerah yang kita cintai ini,” pungkasnya. (Fat)

Comment