Jaga Ukhuwah Islamiyah dan Budaya, MTAMT Sekadau Gelar Maulid Nabi di Nanga Taman

KalbarOnline, Sekadau – Dalam memperingati kelahiran Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam 1440 Hijriah, Majelis Ta’lim Al-Barzanji Maulid Tradisional (MTAMT) Kabupaten Sekadau melanjutkan kegiatan Maulid Nabi keliling. Kali ini MTAMT menuju ke Dusun Ketiur, Desa Nanga Kiungkang, Kecamatan Nanga Taman, Minggu (16/12/2018).

Kegiatan yang mengusung tema ‘dengan memperingati Maulid Nabi kita tingkatkan Ukhuwah Islamiyah dan adat budaya Melayu ini berlangsung di Masjid Ar-Rahman Dusun Ketiur.

Warga Dusun Ketiur, baik tua maupun muda tampak antusias mengikuti kegiatan. Tak hanya warga setempat, Maulid Nabi di Dusun Ketiur ini turut dihadiri para perserta dari berbagai daerah di Kabupaten Sekadau. Seperti misalnya dari Desa Seraras, Sungai Ringin dan Desa Munggu, warga Nanga mahap dan Desa Lembah Beringin serta Desa Sungai Sambang dan sebagainya.

Baca Juga :  Perayaan Maulid Tradisional MTAMT Sekadau Resmi Ditutup

Maulid diawali dengan gunting rambut tujuh orang balita Dusun Ketiur, Sholat Dzuhur berjamah dan dilanjutkan dengan santap makan.

Tokoh agama Dusun Ketiur, Hamsani yang akrab disapa warga setempat dengan sapaan Abo Ham mengatakan bahwa agar kegiatan memperingati Maulid Nabi tak hilang ditelan zaman, pihaknya rutin melakukan pembinaan kepada anak muda-muda setempat.

Baca Juga :  Lisan, Penderita Penyakit Tumor Sejak 5 Tahun Sudah Dirujuk ke RSUD Sudarso Pontianak

“Kita saat ini lakukan secara bertahap. Untuk sekarang kita mulai dari hadrah, setelah matang hadrah-nya akan kita bina untuk tahap selanjutnya,” ujarnya.

“Kegiatan inikan sangat positif, terlebih lagi untuk anak-anak muda agar tidak terpengaruh dengan hal negatif yang merusak moral bangsa,” sambungnya.

Ia berharap MTAMT kedepannya akan semakin baik dan lebih maju kedepannya.

“Harapan dengan adanya Maulid Nabi ini silaturahmi antar umat Muslim semakin meningkat dan lebih baik untuk tahun-tahun kedepannya,” pungkasnya. (Mus)

Comment