by

MTAMT Gelar Perayaan Maulid Tradisional di Desa Mungguk

MTAMT Gelar Perayaan Maulid Tradisional di Desa Mungguk

KalbarOnline, Sekadau – Majelis Taklim Albarzanji Maulid Tradisional (MTAMT) Kabupaten Sekadau kembali menggelar Maulid tradisional. Kali ini perayaan peringatan hari lahir Nabi Muhammad ke-1442 Hijriah oleh MTAMT Sekadau ini dipusatkan di Masjid Al-Muthmainnah, Komplek Pesantren Ar-Rahmah Perkampungan Darussalam Desa Munggu, Kecamatan Sekadau Hilir, Minggu (31/1/2021).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua MUI Sekadau, Kyai Mudlhar, mantan Sekda Sekadau, H. Zakaria, Ketua PHBI Sekadau, H. Salim, Ketua MTAMT, H. Abdul bakar, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Kyai Mudlar mengatakan, maulid tradisional ini sangat positif dan harus dikembangkan terus.

“Ini adalah bentuk cinta kita kepada Baginda Rasulullah,” ucapnya.

Ia mengaku sangat mendukung kegiatan keagamaan seperti Maulid Tradisional ini. Menurutnya kegiatan ini sangat positif dalam rangka saling kunjung mengunjungi antar sesama jamaah masjid-masjid dan tempat ibadah lainnya.

Dalam perayaan maulid ini juga dirangkai dengan gunting rambut balita setempat, juga diselingi penanaman bunga di sekitar Masjid Al-Muthmainnah, mulai dari rumput hingga kacang-kacangan. Penanaman ini merupakan salah satu bentuk penghijauan halaman depan Masjid Al-Muthmainnah.

Sementara Haji Zakaria mengatakan, penanaman ini merupakan salah satu bentuk aktualisasi dalam mengembangkan semangat pengabdian langsung kepada jamaah maulid.

Menurutnya, penanaman yang dilakukan itu adalah bentuk penghijauan lingkungan yang ada. Kemudian yang akan memegang peran penting dalam penanaman nantinya adalah jamaah sendiri.

Selain itu, diharapkan dapat menjadikan jamaah maulid sebagai aktor utama, dalam penanaman penghijauan lingkungan.

“Penghijauan penanaman lingkungan dapat menjadi percontohan bahwa jamaah maulid MTAMT mampu mengelola lingkungan secara lestari dan berkelanjutan melalui keamanan pelestarian penghijauan. Enak dipandang mata, indah lingkungan kita,” tandasnya.

Comment

Terbaru