MTAMT Bersama BKMT Gelar Festival Seni Penutupan Bulan Maulid

KalbarOnline, Sekadau – Majelis Ta’lim Al-Barzanji Maulid Tradisional (MTAMT) bersama BKMT Kabupaten Sekadau menggelar Festival Seni Kegiatan Penutupan Bulan Maulid sebagai kegiatan penutup perayaan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam tahun 1441 Hijriah yang dilangsungkan di Keraton Kusumanegara Sekadau. Festival yang berlangsung sejak 29 Februari hingga 2 Maret 2020 ini diisi berbagai kegiatan di antaranya Saraful Anam, Syaraqal, Tausiyah, Shalawat, Seni Tari Hadrah, Syair Melayu dan lomba Zapin.

Panitia kegiatan, Edi Asnawi mengatakan kegiatan yang digelar pihaknya ini merupakan sarana untuk mempererat tali silaturahmi serta menjadi wadah bagi kaum muda untuk menyalurkan minat dan bakat.

MTAMT Bersama BKMT Gelar Festival Seni Penutupan Bulan Maulid 1

“Sekaligus sebagai rasa cinta umat terhadap Rasulullah. Yang datang dalam kegiatan ini yaitu jamaah dari berbagai kecamatan di Sekadau,” ujarnya.

Baca Juga :  KPU Tetapkan 156.592 Daftar Pemilih Tetap Pilkada Sekadau 2020

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan yang digelar MTAMT ini bekerjasama dengan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) dan dimonitor oleh PHBI, MABM Sekadau dan beberapa pemangku kepentingan lainnya. Oleh karena itu, ia berharap masyarakat dapat beramai-ramai menghadiri kegiatan tersebut.

Ratusan jamaah termasuk kelompok BKMT dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sekadau tampak antusias mengikuti festival. Salah satunya BKMT Kecamatan Nanga Mahap yang sengaja datang ke Kota Sekadau untuk menghadiri festival itu.

Diwawancarai awak media, Rahmayanti perwakilan BKMT Nanga Mahap mengaku bahwa dirinya bersama ibu-ibu BKMT Nanga Mahap sengaja hadir dalam kegiatan itu untuk mengikuti berbagai kegiatan dalam festival tersebut.

MTAMT Bersama BKMT Gelar Festival Seni Penutupan Bulan Maulid 2

“Karena dalam penyelenggaraannya, festival ini diisi berbagai kegiatan yang menyediakan karya khusus untuk mencerahkan kaum muda demi kualitas keimanan sekaligus menjaga keharmonisan dan silaturahmi sesama umat khususnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Gauli Remaja Bawah Umur, Seorang Pria di Sekadau Dipolisikan

Gadis berkacamata ini turut menegaskan bahwa kehadiran pihaknya sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan islami.

“Kegiatan ini harus sama-sama kita dukung dan wajib ditingkatkan lagi pelaksanaannya, sebagai wadah pembangunan religius untuk mewujudkan masyarakat yang religius dan rukun dalam kebhinekaan tetap berjalan sesuai dengan kondisinya,” tukasnya.

Kades Nanga Mahap, Saherman yang turut hadir di kesempatan itu mengapresiasi kegiatan yang digelar MTAMT. Ia mengatakan, program yang dilaksanakan MTAMT Sekadau ini selain kegiatan rutinnya yakni Maulid Tradisional, terbukti mampu mendorong semangat umat dalam pembangunan kebersamaan dan gotong-royong. (Mus)

Comment