Buka Sosialisai P2KTD dan Rakor TIK Sintang, Sekda Ingatkan Empat Program Prioritas

KalbarOnline, Sintang – Sekretaris Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si membuka acara sosialiasi penyedia peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD) dan rapat koordinasi tim inovasi desa (TIK) Kabupaten Sintang di Aula Bappenda Sintang, Kamis (20/9/2018).

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pengelolaan dan pengaturan kinerja kita di untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa. Kita juga mau mendorong penggunaan dana desa untuk partisipasi aktif dalam membangun desa,” tambahnya.

Menurut Yosepha pemerintah di tingkat yang lebih tinggi mengalami kendala dalam melakukan perumusan kebijakan karna kurangnya ketersediaan data yang memadai dan up to date. Sedangkan pada tingkat yang lebih rendah, ada keterbatasan pada kualitas sumber daya manusia dalam melakukan tata kelola.

Baca Juga :  Buka Raker II GKII Parousia, Askiman: Kita Umat Pilihan Tuhan

“Kita punya program prioritas nasional, mulai dari produk unggulan desa, Badan Usaha MIlik Desa, Embung dan sarana olahraga desa,” kata Yosepha mengingatkan para peserta.

“Semua yang kita lakukan melalui invovasi desa berorientasi pada hal tersebut, sehingga perlu disosialisasikan dan diintegrasikan dengan tata kelola desa,” lanjutnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 133 peserta. Para peserta terdiri dari, fasilitator desa dan tim inovasi desa Kabupaten Sintang.

Baca Juga :  Panitia Ajak Semua Pihak Sukseskan MTQ XXIII Sintang, Songsong MTQ Kalbar

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang, Herkulanus Roni, SH., M.Si menyampaikan bahwa acara ini merupakan perkenalan lanjutan dari tim P2TKD Kabupaten Sintang. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan monitoring dan evaluasi pada pengerjaan inovasi desa yang telah digelar selama tahun 2018.

“Kita mau menjelaskan pentingnya keberadaan P2KTD ini kepada para stakeholder kita. Kita juga akan mengkaji bersama segala kendala yang terjadi pada pelaksanaan program inovasi desa selama tahun 2018 sembari menyusun rencana kerja TID untuk tahun 2019,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Inspektorat Kabupaten Sintang, Apolonius Biong. Tampak pula sejumlah camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang. (*/Sg)

Comment