Tinjau Puskesmas Senaning, Bupati Jarot: Secepatnya di-Launching

KalbarOnline, Sintang – Satu lagi fasilitas yang diberikan oleh Pemerintah kepada masyarakat yaitu fasilitas di bidang kesehatan, berdirinya Puskesmas megah di wilayah perbatasan antara Indonesia-Malaysia yang terletak di Desa Sungai Pisau, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sintang, Jarot Winarno dalam kunjungan kerjanya ke wilayah Kecamatan Ketungau Hulu meninjau langsung progres pembangunan puskesmas Senaning yang baru, bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sintang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sintang, Selasa (18/9/2018).

Bupati Jarot mengungkapkan bahwa puskesmas yang ada diwilayah perbatasan sangatlah strategis dibangun.

“Jadi puskesmas ini merupakan salah satu puskesmas prototipe untuk wilayah perbatasan, yang dibangun hanya dua puskesmas saja, yang pertama dibangun di Nanga Merakai, Kecamatan Ketungau Tengah dan yang kedua di bangun di Desa Sungai Pisau, Kecamatan Ketungau Hulu ini,” kata Jarot.

Baca Juga :  Tinjau Pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat SD-SMP di Sintang, Wabup Askiman Pastikan Berjalan Lancar

Pada kesempatan itu juga, setelah melihat progres pembangunan puskesmas Senaning yang sudah rampung tersebut Bupati Jarot meminta agar secepatnya di-launching.

“Puskesmas Merakai sudah kita launching beberapa bulan yang lalu dan puskesmas di Sungai Pisau, Kecamatan Ketungau Hulu ini pun kita targetkan Oktober sudah di-launching, kita samakan dengan yang di Kecamatan Serawai,” imbuhnya.

Dengan adanya puksesmas Senaning yang baru ini Bupati Jarot yakin banyak tenaga medis yang ingin mengabdi di daerah perbatasan ini.

“Untuk tenaga kesehatan sendiri itu sangat banyak dan sangat memadai, tentunya mereka pasti mau mengabdi di daerah perbatasan, dokter harus ada, perawat ada, bidan kita siap, hampir untuk tenaga kesehatan kita sudah siap tidak ada kendala, hanya untuk di bidang pendidikan saja yang kita kurang tenaga pendidiknya,” tambah Jarot.

Baca Juga :  Pemdes Sungai Ringin Programkan 8 Kegiatan Fisik, Berikut Pemaparan Abdul Hamid

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh menjelaskan progres pembangunan puskesmas Senaning ini yang terletak di Desa Sungai Pisau, Kecamatan Ketungau Hulu.

“Jadi puskesmas pada saat ini sudah selesai dibangun, kemudian pembangunannya itu melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) pada tahun Anggaran 2017, jadi DAK itu dari Kementrian Kesehatan diberikan kepada Dinas Kesehatan untuk dan dibangunlah puskesmas di wilayah perbatasan salah satunya puskesmas Senaning ini,” kata Sinto.

Sinto menambahkan bahwa saat ini Puskesmas Senaning yang baru belum difungsikan dan masih perlu pembenahan sedikit serta yang lama masih difungsikan.

“Karena puskesmas Senaning ini masih baru, jadi masih dalam persiapan untuk kita fungsikan, jadi puskesmas lama masih belum pindah, puskesmas yang baru ini masih kita bersih-bersihkan dulu, lagi pula masih kekurangan sumber air seperti belum dibuat sumur bor, tapi akan cepat kita laksanakan dalam waktu dekat ini dan saya targetkan secepatnya bisa beroperasi,” tambah Sinto. (*/Sg)

Comment