Buka Bimtek Operasional Profil Desa, Sekda Tekankan Para Instansi Terkait Saling Bekerja Sama Membangun Desa

Sekda Sintang, Yosepha Hasnah Memberikan Sambutannya Pada Saat Membuka Bimtek Operasional Profil Desa (Foto: Sg/Hms)
Sekda Sintang, Yosepha Hasnah Memberikan Sambutannya Pada Saat Membuka Bimtek Operasional Profil Desa (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Sekretaris Daerah Sintang, Dra Yosepha Hasnah, M.Si membuka acara Bimbingan Teknis Operator profil desa se-Kabupaten Sintang di room meeting Hotel Sartika Puri Sintang, Senin (21/8).

“Pemerintah Kabupaten menyambut baik dan sangat berterima kasih kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pembagunan Desa karena memfasilitasi kegiatan bimtek ini,” ujar Sekda dalam sambutannya.

“Data profil desa sebagai data bersama bagi para pelaku pembagunan desa melakukan tata kelola pemerintahan desa,” timpalnya.

Sekda juga mengulas mengenai kewajiban para intansi terkait untuk saling bekerja sama dalam membangun desa, termasuk peningkatan dan pembinaan sumberdaya manusianya melalui kegiatan seperti bimtek. Profil desa yang akurat dan valid akan sangat mempengaruhi keberlangsungan pembangunan di Kabupaten Sintang.

“Saya merasa sangat prihatin pada progres entry data di website Kementrian Desa,” ungkapnya.

“Saya harap para peserta memanfaatkan kesempatan bimtek ini sebaik mungkin agar kedepannya pembangunan di desa kita di Sintang ini semakin baik sehingga kita berhasil dalam mewujudkan masyakat Sintang yang maju dan sejahtera,” tambahnya lagi.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pedesaan, Hotler Panjaitan, menyebutkan bahwa masih banyak desa yang belum menyusun profil desa. Hasil rekapan milik Kabupaten Sintang, pada tahun 2008-2017 hanya ada 152 desa di yang sudah mengisi profil desa. Progres entry data pada website kementrian desa Republik Indonesia untuk Kabupaten Sintang baru 12% yang melakukan entry data.

“Berarti ada 88 persen desa yang belum mengentri data profil desa. Masih banyak desa yang belum memahami manfaat dan kegunaan pengisian profil desa secara online,” ujarnya.

Hal ini menjadi penyebab pembuatan profil desa menjadi terabaikan. Kegiatan bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya profil desa. Profil tersebut menjadi potret pembangunan dan landasan untuk membuat gambaran desa kedepannya.

Bimtek ini juga merupakan upaya peningkatan sumber daya manusia desa dalam hak ini kemampuan teknis untuk menyusun data-data yang ada di desa, data demografi, data geografi, data potensi dan data lingkungan serta hal-hal yang berkenaan dengan perkembangan desa.

Pelaksanaan kegiatan ini rencananya akan dilakukan bagian 4 (empat) angkatan. Masing-masing angkatan berjumlah kurang lebih 60 orang peserta. Adapun narasumber merupakan staf dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalbar yang mengusung tema ‘Dengan bimtek operator profil desa kita wujudkan potret desa melalui data konkrit yang dapat diakses secara online’.

Turut hadir perwakilan dari masing-masing kecamatan. Serta beberapa perwakilan pimpinan OPD dilingkungan Kabupaten Sintang. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar