Rangkaian HUT Perkebunan ke-60, Bupati Sintang Pesankan Hal Ini

Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Melepas Peserta Jalan Sehat, Sebagai Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT Perkebunan ke-60 (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Melepas Peserta Jalan Sehat, Sebagai Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT Perkebunan ke-60 (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bertempat dihalaman depan Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Jalan dr Wahidin Sudirohusodo, Desa Baning Kota, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, ratusan masyarakat berkumpul, guna mengikuti senam dan jalan sehat dalam rangka memperingati hari perkebunan yang ke-60 tahun 2017, Minggu pagi (17/12).

Sebelum melakukan jalan sehat, tepat pukul 06.00 WIB dilaksanakan senam masal hingga pukul 07.00, kemudian pada pukul 07:00-08:00 dilaksanakan jalan sehat, pada saat jalan sehat akan dilaksanakan, Bupati Sintang, Jarot Winarno, yang didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan secara simbolis melepas peserta jalan sehat.

Bupati Sintang dalam arahannya mengatakan bahwa dalam setiap berkebun itu baik untuk memenuhi kebutuhan kebun untuk generasi mendatang.

“Jadi berkebun itu baik, cuma harus dilaksanakan secara berkelanjutan, karena dengan kita berkebun maka akan menyambung dan memenuhi kebutuhan generasi selanjutnya, tanpa harus merusak lingkungan,” kata Bupati.

Bupati mengungkapkan kalau berkebun itu harus seimbang dengan mempertimbangkan lingkungan sekitar.

“Jadi berkebun itu harus seimbang dengan ekonomi, sosial, budaya, dan adat istiadat, yang tetap mempertahankan lingkungan sekitar tanpa harus merugikan yang lainnya, karena itu merupakan syarat utama dalam berkebun yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Bupati menambahkan bahwa dalam rangka peringatan hari perkebunan yang ke-60 di Kabupaten Sintang dilaksanakanlah kegiatan senam massal dan jalan sehat.

“Jadi Kabupaten Sintang pertama mengadakan kegiatan peringatan hari perkebunan dengan mengadakan senam massal dan jalan sehat, ini merupakan langkah awal kita untuk hidup sehat, ini juga disebut memasyarakatkan olahraga, mengolahragakan masyarakat, jadi semua usia kita bersatu padu untuk berolahraga menyehatkan badan kita,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Veronica Ancili mengatakan, dalam peringatan hari perkebunan yang ke-60 dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang menggelar 3 agenda.

“Pada hari pertama dilaksanakan workshop yang dilaksanakan di hotel My home, kemudian di hari kedua kita laksanakan senam massal dan jalan sehat, kemudian pada hari ketiga pada Senin 18 Desember 2017 akan dilaksanakan upacara peringatan hari perkebunan yang ke-60 dihalaman Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang,” paparnya.

Veronica mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini berguna untuk menggiatkan kesehatan di masyarakat dan mengenal arti pentingnya berkebun itu sendiri.

“Jadi disamping kita ingin menggiatkan kegiatan kesehatan dengan berolahraga kita ingin meningkatkan motivasi masyarakat untuk membantu pengembangan pada sektor perkebunan yang merupakan penggerak ekonomi masyarakat, selain itu kegiatan ini juga untuk saling bersilaturahmi sesama masyarakat perkebunan antara dari pemerintah, dunia swasta, petani kebun, dan masyarakat umum, dan ini merupakan kegiatan dalam rangka peringatan hari perekebunan yang pertama kali dilaksanakan,” tuturnya.

Setelah acara seremonial dilaksanakan, Bupati Sintang melepas pelaksanaan jalan sehat dengan rute, dari simpang pertanian belok kiri menuju arah simpang lima, kemudian belok kanan menuju arah simpang Polres, kemudian lurus sampai simpang tiga kantor Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), lurus terus hingga menuju kembali ke halaman kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar