Plt Kadisdikbud Sanggau, Sudarsono Saat Meresmikan Program Revitalisasi SMPN 1 Kembayan (Foto: Leo)
Plt Kadisdikbud Sanggau, Sudarsono Saat Meresmikan Program Revitalisasi SMPN 1 Kembayan (Foto: Leo)

KalbarOnline, Sanggau – Plt Kadisdikbud Kabupaten Sanggau, Sudarsono meresmikan program Revitalisasi sekolah SMPN 1  Kecamatan Kembayan, belum lama ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Kembayan, Kapolsek, Kacabdin Dikbud Kembayan dan para tokoh masyarakat serta dewan guru dan para siswa SMPN 1 Kembayan.

Dari sekian banyak sekolah di Kabupaten Sanggau, SMPN 1 Kecamatan Kembayan mendapatkan bantuan revitalisasi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dengan revitalisasi gedung sekolah ini diharapkan dapat meningkatkan proses belajar mengajar dan meningkatnya mutu pendidikan di Kabupaten Sanggau khususnya di Kecamatan Kembayan.

Para dewan guru juga berharap program ini dapat terus berlanjut kedepannya.

Diketahui angaran dana revitalisasi gedung Sekolah tersebut yaitu sebesar  Rp1.058.754.000,-.

Kepala Sekolah SMPN 1 Kembayan, Armanson Saragih dalam sambutannya menyampaikan bahwa gedung SMPN 1 Kembayan yang dulunya bangunannya sudah cukup tua, maka perlu dilakukan perehaban.

Dan di Kalbar ada 2 (dua) sekolah yang mendapat program sekolah garis depan yaitu SMPN 1 Kembayan dan SMP Galing Kabupaten Sambas.

“Mudah-mudahan gedung ini dapat berguna bagi masyarakat terutama siswa. Dan pihak sekolah juga berterima kasih dengan dukungan dan perjuangan Kadisdikbud untuk revitalisasi secara bertahap kedepannya sehingga SMPN 1 kembayan bisa menjadi sekolah garis depan. Tentunya untuk kemajuan pendidikan tetutama di Kabupaten Sanggau,” tuturnya.

Adapun pada revitalisasi tersebut ada bangunan baru yang dibuat yaitu 3 (tiga) ruang belajar, labolatorium dan 1 (satu) ruangan guru untuk tahap 1 (satu) saat ini.

“Dan akan dilanjutkan lagi atau dilakukan perehaban secara bertahap,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt. Kadis Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sanggau, Sudarsono dalam sambutannya menyampaikan agar pihak sekolah dapat memelihara fasilitas sekolah yang dibangun ini.

“Karna ini dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Sanggau ini khususnya Kecamatan Kembayan, untuk tahun ini yang mendapatkan revitalisasi ada 3 (tiga) jenjang pendidikan yang mendapat program revitalisasi, yaitu SD, SMP dan SMA,” tukasnya.

Dinas pendidikan juga meminta kepada Pemerintah pusat agar dapat menambah dan memberikan program revitalisasi ini.

“Untuk tahun pembelajaran ini kita akan mengadakan ujian berbasis komputer dan SMPN 1 Kembayan ini mendapatkan bantuan 20 unit komputer, diharapkan para guru dapat melatih dan memberikan pengetahuan yang cukup tentang IT atau komputer. Bagi sekolah-sekolah yang belum memiliki komputer untuk ujian akan disatukan di sekolah ini,” terangnya.

Sudarsono juga mengingatkan tentang bahaya narkoba, narkoba sangat berbahaya bagi satuan pendidikan dan dapat merusak generasi bangsa. Juga kepada para siswa jika mengetahui ada temannya yang sudah ada gejala narkoba agar segera laporkan ke guru atau Kepala sekolahnya.

“Khusus di sekolah harus menjadi perhatian agar pada jam – jam belajar juga harus diawasi. Kepada para siswa saya berharap untuk menjauhi narkoba dan jangan sentuh narkoba,” imbuhnya.

Sekali lagi, Sudarsono mengimbau agar fasilitas sekolah dapat dijaga.

“Karna mendapatkannya sangat sulit jadi tolong dirawat dan dijaga,” tandasnya.

Diketahui, kedepan SMPN 1 Kembayan ini akan dijadikan sekolah garis depan dalam rangka mewujudkan 7 brand image Sanggau maju dan terdepan.

“Untuk para siswa agar dapat mempersiapkan diri dan agar bisa bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang sudah menggunakan dan memahami IT. Dari Dinas Pendidikan akan secepatnya menyurati sekolah-sekolah untuk mengubah momentoratur sekolah,” pungkasnya. (Leo)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY