Penobatan Sultan IX Kesultanan Pontianak, Yang Mulia Sri Paduka Syarif Mahmud Melvin Alkadrie (Foto: Ist)
Penobatan Sultan IX Kesultanan Pontianak, Yang Mulia Sri Paduka Syarif Mahmud Melvin Alkadrie (Foto: Ist)

Melalui Berbagai Rangkaian Prosesi

KalbarOnline, Pontianak – Sultan ke IX, Kesultanan Pontianak resmi dinobatkan. Dalam penobatan Yang Mulia Sri Paduka Syarif Mahmud Melvin Alkadrie juga dihadiri para Raja se-Nusantara, Sabtu (15/7).

Penobatan Sultan Syarif Machmud Melvin Alkadrie sebagai Sultan Pontianak ke IX berlangsung dengan lancar dengan melalui berbagai rangkaian prosesi.

Sejak pagi hari persiapan di istana sudah terlihat, tamu undangan mulai dari Pejabat Pemerintah, tokoh masyarakat dan tokoh agama sudah hadir di Istana Kadriah untuk menyaksikan penobatan Sultan Pontianak ke IX yang menggantikan almarhum ayahandanya Sultan Syarif Abubakar Alkadrie.

Rangkaian kegiatan penobatan ini digelar tiga hari tiga malam, dimulai pada tanggal 14-16 Juli.

Prosesi penobatan dimulai dengan napaktilas kedatangan Sultan pertama di Pontianak, dari Mempawah yang dimulai dari Batulayang.

Ketua Panitia Penobatan, Hasyim Azizurrahman mengatakan bahwa rangkaian Penobatan Sultan Pontianak ke IX sebenarnya sudah diawali sejak tahlilan mengenang 7 hari wafatnya Sultan Syarif Abu Bakar.

Dirinya mengatakan, prosesi selanjutnya sebagai tindaklanjut berupa penobatan Sultan yang baru.

“Hari ini (Sabtu.red) dengan melaksanakan penobatan Sultan Pontianak yang ke IX, dilaksanakan oleh keluarga besar Istana Kadriah Pontianak, dan semua pihak yang telah membantu sehingga terlaksana penobatan,” tuturnya.

Sementara Sekretaris Panitia, Syarif Hasan Basri Alkadrie merasa bangga karena acara penobatan banyak kedatangan tamu, terutama dari kalangan Kerajaan-kerajaan se-Nusantara, ada dari Kutai Kertanegara, dan Palembang yang juga merupakan Ketua Yayasan Kesultanan. (Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY