Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Arbudin, Foto Bersama Usai Acara Launching Penyebaran Informasi Harga Komoditi Perkebunan Melalui Gerai Pertanian dan Perkebunan (Foto: Sg/Hms)
Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Arbudin, Foto Bersama Usai Acara Launching Penyebaran Informasi Harga Komoditi Perkebunan Melalui Gerai Pertanian dan Perkebunan (Foto: Sg/Hms)

Launching Penyebaran Informasi Harga Komoditi Perkebunan Melalui Gerai Pertanian dan Perkebunan

KalbarOnline, Sintang – Mewakili Bupati Sintang, Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Arbudin, menghadiri launching penyebaran Informasi Harga Komoditi Perkebunan melalui Gerai Pertanian dan Pertemuan dan Perkebunan di Kabupaten Sintang di Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Jalan Darunnajah Baning Kota, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, belum lama ini.

Dalam kesempatan itu, Arbudin, mengatakan Pemerintah Kabupaten Sintang sangat menyambut baik launching penyebaran Informasi Harga Komoditi Perkebunan melalui Gerai Pertanian dan Perkebunan di Kabupaten Sintang ini.

Hal itu menurutnya sebagai bagian dari usaha untuk menyediakan informasi harga bagi pekebun dan pengusaha perkebunan di Kabupaten Sintang dalam upaya mengembangkan pertanian dan perkebunan berkelanjutan melalui gerai pertanian dan perkebunan sebagai pusat layanan informasi pada Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang.

“Melihat permasalahan informasi harga komoditi perkebunan saat ini, ini merupakan solusi terbaik yang dapat di pilih sebagai media penyebar informasi harga komoditi perkebunan dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik di kabupaten sintang dan juga untuk meningkatkan posisi tawar antara pekebun dan pedagang pengumpul atau pengusaha perkebunan,” kata Arbudin.

Hal itu juga menurutnya dapat meningkatkan pendapatan perkebunan dan meningkatkan produksi serta mutu komoditi perkebunan dan juga meningkatkan ketersediaan bahan baku produk industri perkebunan dalam rangka menciptakan perkebunan yang berkelanjutan.

Lebih lanjut Arbudin mengungkapkan dalam perspektif pemerintahan, media seperti ini dapat dioptimalkan semua OPD di kabupaten Sintang guna untuk menginformasikan program/kegiatan pembangunan dan juga bisa dimanfaatkan masyarakat luas untuk mengikuti perkembangan wilayah dan juga bisa menjadi media sebagai titik masuk bagi peluang-peluang investasi baik di bidang pertanian,perkebunan dan peternakan serta lainnya di kabupaten sintang.

“Kepada dinas pertanian dan perkebunan kabupaten sintang agar serius dan profesional dalam mengelola gerai tersebut,” tambah Arbudin.

Sementara itu kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Veronica Ancili mengatakan tujuan dari launching ini adalah ingin memberikan atau menyebarkan informasi harga-harga komoditi perkebunan yang selama ini baru disebarkan hanya komoditi kelapa sawit dan untuk lauching kali di tambah informasikan untuk harga karet dan lada.

“Kedepannya bukan hanya komiditi perkebunan atau hanya tiga komoditi tadi, juga komoditi-komoditi yang lain yang sangat potensial seperti tanaman pangan,cabe juga nanti ataupun komoditi beras serta lainnya sebaga kewenangan kami untuk menyampaikan kepada publik,” jelas Veronica.

Veronica menuturkan penyebaran informasi tersebut merupakan hal yang sangat penting bagi dinas pertanian dan perkebunan guna untuk menjaga komoditas yang berkelanjutan, sebagai panduan baik kepada masyarakat yang ingin melakukan usaha.

Hal ini juga sangat penting bagi para petani yang memproduksi hasil pertanian dan ini juga sebagai antisipasi pemerintah mengontrol dalam hal informasi harga komditi jika harga harga komoditi tersebut belum berpihak kepada para petani.

“Untuk update informasi bisa setiap hari bisa datang secara langsung ke kantor dinas pertanian dan perkebunan, yang kedua melaui whatsApp bisa registrai langsung ke gerai dan kalau untuk askes melaui website nanti kita link kan ke website pemda Sintang,” tutup Veronica. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY