Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah, Henri Harahap, Saat Mewakili Bupati Dalam Pembukaan Rakon PKK Kecamatan se-Kabupaten Sintang (Foto: Sg/Hms)
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah, Henri Harahap, Saat Mewakili Bupati Dalam Pembukaan Rakon PKK Kecamatan se-Kabupaten Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Mewakili Bupati Sintang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah, Henri Harahap, S.Sos., M.M membuka kegiatan rapat konsultasi tim penggerak PKK kecamatan se-Kabupaten Sintang di Balai Ruai Kompleks rumah Jawatan Bupati Sintang, Senin (30/10).

Pada kesempatan ini, Henri menyampaikan bahwa sesuai arahan Bupati Sintang kepada para tim penggerak PKK se-Kabupaten Sintang, agar mengoptimalisasi pelaksanaan 10 prioritas pokok PKK dan bekerja antar lintas sektor.

“Dalam melaksanakan hal itu, tim penggerak PKK harus terus melakukan konsolidasi internal, penguatan SDM, pengurus, budaya dan sistem organisasi,” ujarnya.

Henri menyebutkan bahwa proses rapat kosultasi ini menjadi bagian dari proses evaluasi dalam organisasi. Dari proses ini, pemerintah mengharapkan TP PKK di lingkungan Kabupaten Sintang dapat mengetahui perkembangan pekerjaan, kesesuaian realisasi dan perencanaan, dan menggunakan hasil evaluasi untuk membuat rencana baru yang lebih sesuai dengan situasi dan arah serta tujuan organisasi.

“Diharapkan kita semua belajar menyelenggarakan tata kelola organisasi yang baik dan bersih. Dalam hal ini, ibu-ibu PKK sebagai mitra pemerintah bersama mewujudkan masyarakat Sintang yang cerdas, sehat, maju, religius dan sejahtera,” tukasnya.

Pada kesempatan ini, melalui salah satu pimpinan terasnya ini, Pemerintah Kabupaten Sintang juga mengingatkan ibu-ibu PKK untuk memperhatikan anak-anak di rumah secara lebih baik agar terhindar dari pengaruh buruk globalisasi, gadget dan narkoba.

Henri juga mengingatkan kepada para pengurus PKK se-Kabupaten Sintang untuk terus meningkatkan kapasitas diri dalam menjalankan peran di rumah dan di organisasi.

Sementara Ketua Panitia penyelenggara kegiatan, Siti Masitah menyampaikan bahwa kegiatan rakon ini merupakan upaya menindaklanjuti rakon di tingkat Provinsi Kalimantan Barat, pada 6 Oktober 2017 lalu.

Kegiatan rakon TP PKK kecamatan se-Kabupaten Sintang tahun 2017 mengusung tema, ‘kita laksankan konsolidasi program sebagai sarana mewujudkan akselerasi program PKK’.

“Pada tahun ini, peserta kegiatan berjumlah 42 orang. Peserta kegiatan terdiri dari Ketua dan Sekretaris tim penggerak PKK kecamatan se-Kabupaten Sintang dan para pengurus TP PKK Kabupaten Sintang lainnya,” tuturnya.

Sementara Ketua TP PKK, Rosinta Askiman yang diwakili Magdalena Ukis, menyampaikan bahwa kegiatan ini seyogyanya untuk menyampaikan informasi-informasi sesuai situasi dan kondisi yang berkembang di masyarakat. Informasi tersebut dituangkan dalam program kerja di setiap tingkatan kepengurusan PKK.

“Tim penggerak PKK hendaknya perlu menginformasikan, mengkomunikasikan dan mengkonsultasikan rencana kerja kepada pemerintah melalui perangkat daerah terkait,” kata Magdalena.

“Hal ini agar rencana kerja kita menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dokumen perencanaan pembangunan daerah,” katanya lagi.

Turut hadir dalam kegiatan ini beberapa perwakilan dari OPD terkait di lingkungan Kabupaten Sintang. (Sg/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY