Pemprov Siap Kurasi Event Ikanmas Masuk Kalender Event Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kalbar, Windy Prihastrai membuka Ikanmas Arts Festival ke-16 Tahun 2024 dengan menabuh gendang bersama dosen dan pengajar Prodi Seni Pertunjukan FKIP Untan, di Aula Pertunjukan Prodi Seni FKIP Untan, Sabtu (08/06/2024).

“Adik-adik merupakan duta-duta seni kebudayaan dan pertunjukan Kalbar, termasuk diantaranya subsektor ekonomi kreatif Kalbar, salah satunya seni pertunjukan yang di dalamnya ada tarian, musik teater dan lainnya,” ucap Windy mengapresiasi.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Ia juga berharap, kedepannya Untan dapat berkolaborasi bersama pemerintah daerah dalam melestarikan seni budaya khas Kalbar, salah satunya bersama Dekranasda Provinsi Kalbar.

“Saya juga selaku ketua Dekranasda Kalbar. Mungkin ada yang belum mengetahui dekranasda? Jadi organisasi ini merupakan organisasi nirlaba yang dibentuk untuk membina, mempromosikan kerajinan yang mana didalamnya terdapat wastra dan kriya,” katanya.

“Itu harus dikenalkan kepada seluruh masyarakat kalbar, nasional dan internasional. Ini juga  sejalan dengan fungsi kita di disporapar, yang merupakan salah satu dari 17 subsektor ekraf di Kalbar,” terangnya.

Windy juga menjelaskan, keberhasilan promosi hasil kerajinan masyarakat kalbar salah satunya yakni digunakannya tenun ikat sintang oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Peringatan 95 Tahun Sumpah Pemuda, Wako Ajak Pemuda Jaga Kondusivitas

“Nah ini penting juga bagi saya untuk mempromosikan buah karya perajin dengan menggunakan desainer lokal. Dulu kita hanya terfokus pada pembuatan kain, karpet dan lainnya. Sekarang dengan berkolaborasi bersama desainer-desainer kontemporer, dapat menghasilkan produk-produk khas Kalbar yang lebih kekinian dan mudah diterima oleh masyarakat luas,” terangnya.

Windy juga berharap, dengan telah rutin digelarnya kegiatan Ikanmas ini, dapat menjadi event resmi Kalbar dan masuk pada Kalender Event Kalimantan Barat.

“Terkait kegiatan Ikanmas ini, saya sangat mengapresiasi dalam rangka mengangkat budaya lokal di kalbar. Kami bangga karena ini memang anak-anak muda Kalbar, agar mampu mensosialisasikan Kalbar di dunia,” ujarnya.

Windy berkomitmen akan mendorong event Ikanmas ini masuk dalam Kalender Event Kalbar. Yang mana saat ini Kalbar telah menduduki posisi keenam dalam segi pertumbuhan jumlah wisatawan.

“Kedepannya kita akan mendorong festival ini agar mampu berkolaborasi bersama pemprov dan menjadi kalender event di Kalbar. Kami harap, event ini semakin besar dan banyak pemuda terlibat di dalamnya,” katanya.

Baca Juga :  Hasil Penilaian MCP 2023, Pemprov Kalbar Nyaris Sempurna di Berbagai Bidang

“Ini penting, karena syaratnya event tersebut sudah digelar 3 kali berturut-turut. Malah kalau memang bisa, kita bisa usulkan pada kalender event nusantara, jadi kita kurasi agar event ini lebih besar. Apabila skalanya makin besar, maka akan terbentuk dan juga didorong oleh pemerintah pusat khususnya Kemenparekraf,” imbuhnya.

Sejalan dengan hal tersebut,  Kalbar saat ini berhasil meraih di posisi keenam dalam pertumbuhan kunjungan wisatawan yakni sebanyak 35,8 persen. Dan setelah diteliti oleh BPS yang pertama adalah kulinernya, kemudian event, budaya dan yang keempat baru destinasi.

“Semoga kedepannya kita bersama bisa lebih mendorong kunjungan wisatawan di Kalbar. Apabila banyak yang datang, ada perputaran ekonomi, kulinernya, belanjanya, agar mereka betah lama tinggal di sini,” ujarnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment