Pemprov Kalbar Siapkan 30 Ekor Sapi Kurban Idul Adha 1445 H

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) telah menyiapkan sekitar 30 ekor sapi kurban untuk Idul Adha 1445 Hijriah tahun ini. Hewan kurban tersebut nantinya bakal disebar ke seluruh kabupaten kota se Provinsi Kalbar. Terutama daerah-daerah yang padat penduduk.

Sapi kurban tersebut berasal dari perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kalbar serta Bank Kalbar.

Hal tersebut diungkapkan Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar Harisson saat turun langsung meninjau kondisi sapi kurban di peternakan pada Sabtu (08/06/2024) pagi. Kegiatan ini sekaligus untuk memastikan sapi-sapi kurban dari Pemprov Kalbar dan Bank Kalbar dalam kondisi sehat.

Harisson pun melihat satu persatu sapi kurban yang akan didistribusikan ke kabupaten kota se Provinsi Kalbar tersebut.

Baca Juga :  Wujudkan Perangkat Daerah Anti Korupsi, Pemprov Kalbar Canangkan Zona Integritas

“Saya tadi melihat ke tempat peternakan sapi, sekalian saya melihat keadaan sapi mulai dari cara memelihara sapi kurban kebersihan karena itu harus dipastikan sapi sapi yang akan dikurbankan harus benar-benar sehat,” ungkap Harisson.

Pada kesempatan tersebut, Harisson juga memastikan keadaan sapi yang bakal dikurbankan dirinya bersama keluarga. Ia ingin agar sapi-sapi kurban tersebut dalam kondisi yang sehat sebelum dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha beberapa waktu mendatang.

“Ada sekitar 30 ekor sapi yang disiapkan Pemprov Kalbar untuk dikirim ke 14 kabupaten kota, tapi untuk yang daerah yang jauh akan diberikan dalam bentuk uang untuk kemudian pemerintah daerah setempat yang bakal membeli sapinya,” jelas Harisson.

Baca Juga :  Kadiskes Kalbar Ancam Tutup Laboratorium yang Mainkan Tarif Tertinggi Swab PCR

Harisson menginstruksikan kepada dinas peternakan provinsi maupun kabupaten kota untuk turun langsung ke lapangan memastikan kesehatan hewan-hewan kurban. Dirinya pun meminta dinas peternakan untuk terus melakukan pembinaan dan pengawasan kepada para peternak agar mempersiapkan hewan kurban dengan baik.

“Saya minta dinas peternakan provinsi dan kabupaten kota untuk terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap peternak khususnya dalam rangka mempersiapkan hewan kurban,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment