Pj Bupati Romi Wijaya Resmikan Gedung Unit Transfusi Darah RSUD Sukadana

KalbarOnline, Kayong Utara – Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya meresmikan Gedung Unit Transfusi Darah milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Muhammad Jamaludin I, pada Jumat (17/05/2024).

Peresmian ini bertepatan dengan momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-6 RSUD Sultan Muhammad Jamaludin I.

Peresmian ini turut menjadi simbol komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat Kayong Utara.

“Sejak didirikan pada tahun 2018, RSUD Sultan Muhammad Jamaludin I telah menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kayong Utara. Peningkatan fasilitas, penambahan tenaga medis, serta inovasi dalam pelayanan kesehatan merupakan bukti nyata dari upaya yang telah dilakukan,” ungkap Romi Wijaya dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Romi menyampaikan, bahwa pemerintah daerah terus berkomitmen secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan RSUD SMJ I agar pelayanannya semakin meningkat. Peresmian Unit Transfusi Darah menjadi salah satu langkah penting dalam mewujudkan komitmen tersebut.

Baca Juga :  Jelang Ramadhan, Pemkab Kayong Utara Gelar Gerakan Pangan Murah

“Dengan keberadaan Unit Transfusi Darah ini, diharapkan penanganan yang membutuhkan stok darah seperti operasi dan lain-lain tidak perlu lagi dirujuk ke daerah lain,” ujar Romi.

“Hal ini akan mempercepat proses penanganan dan meminimalisir risiko yang mungkin terjadi,” tambahnya.

Ramah tamah HUT ke-6 dan peresmian Gedung Unit Transfusi Darah RSUD Sultan Muhammad Jamaludin I, Sukadana, Jumat (17/05/2025). (Foto: Santo)

Romi mencontohkan, misalnya pada kasus persalinan dengan potensi pendarahan. Sebelumnya, pasien harus dirujuk ke Ketapang, yang memerlukan waktu dan berisiko fatal.

“(Namun) dengan adanya Unit Transfusi Darah di RSUD SMJ I, penanganan dapat dilakukan lebih cepat dan tepat,” kata dia.

Romi berharap, dengan peresmian Unit Transfusi Darah ini, layanan kesehatan di Kayong Utara dapat terus ditingkatkan, yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan usia harapan hidup masyarakat dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di daerah tersebut.

“Berikan pelayanan kesehatan yang adil dan merata kepada semua lapisan masyarakat tanpa diskriminasi,” pesannya Pj Bupati Romi kepada seluruh jajaran RSUD SMJ I.

Baca Juga :  Setop Tuberculosis, Kendalikan Penyebarannya

“Setiap warga Kayong Utara berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama baiknya, karena rumah sakit ini adalah milik kita bersama,” tegasnya menambahkan.

Peresmian Gedung Unit Transfusi Darah RSUD SMJ I ini turut dihadiri pula oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara Rene Rienaldy, jajaran Asisten Setda Kabupaten Kayong Utara, kepala OPD terkait, serta tamu undangan lainnya.

Kemudian, peresmian ini juga menjadi langkah maju bagi RSUD SMJ I dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas kepada masyarakat Kayong Utara. Diharapkan dengan komitmen dan kerja keras semua pihak, RSUD SMJ I dapat terus berkembang dan menjadi kebanggaan masyarakat Kayong Utara. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment