Program Krisan dan Gertam Cabai TP PKK Kalbar Sabet Penghargaan Tingkat Nasional

KalbarOnline, Surakarta – TP PKK Provinsi Kalimantan Barat berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional, di mana dua programnya mendapat penghargaan langsung dari Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian, pada puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52, di Taman Balekambang Solo, Kamis (16/05/2024).

Program TP PKK Kalbar yang memperoleh apresiasi itu ialah program Keluarga Indonesia Sehat Tanpa Narkoba (Krisan) dan program Gerakan Tanam (Gertam) Cabai.

Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari Harisson menjelaskan, bahwa pelaksanaan program krisan PKK Kalbar berhasil meraih juara ketiga nasional. Program ini dilakukan secara berkesinambungan dengan bekerja sama bersama para pemuda dan BNN.

Baca Juga :  Menko PMK: Nasionalisme Berlebihan itu Tidak Baik

“Salah satunya dengan menyebarkan informasi dengan cara mengkampanyekan pencegahan dan penyalahgunaan narkoba dan mendorong generasi muda untuk terlibat aktif dalam kampanye anti narkoba tersebut,” kata Windy di sela-sela penyerahan penghargaan itu.

Windy mengungkapkan, bahwa program krisan sendiri bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang bebas dari narkoba. Terlebih lagi saat kunjungan TP PKK Pusat ke Kalbar, program tersebut mulai menjadi acuan bagi TP PKK bagi Provinsi se-Indonesia.

“Memang pada saat TP PKK Kalbar memaparkan terkait program krisan, TP PKK Pusat tertarik dengan program ini, dan menginginkan program krisan menjadi contoh bagi provinsi lain dalam rangka pencegahan dalam penyalahgunaan narkoba,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kolaborasi TP PKK Kalbar bersama DP3A dan Dinas Ketahanan Pangan Lakukan Aksi Nyata Gota Stunting

Selanjutnya, pada program gertam cabai yang juga berhasil menyabet juara ketiga nasional, dilaksanakan serentak se-Kalbar serta nasional.

“Diharapkan dengan adanya program gertam cabai ini dapat membantu dalam rangka pengendalian inflasi di Kalbar, ini sebagai bentuk upaya TP PKK Kalbar dalam membantu Pemerintah Provinsi Kalbar,” tutur Windy. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment