Mobil Hias Replika Tanjak Motif Corak Insang Pikat Warga Solo

KalbarOnline, Solo – Iringan mobil hias menampilkan replika Tanjak bermotif Corak Insang khas Melayu Pontianak menghiasi Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo, Jawa Tengah, pada Rabu (15/05/2024) kemarin. Iringan mobil hias tersebut membaur dengan iringan lainnya dari seluruh nusantara dalam rangka peringatan HUT ke-44 Dekranas.

Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian didampingi Pj Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Anita Ani Sofian yang turut hadir pada kirab budaya tersebut menuturkan, kalau warga terlihat antusias menyaksikan satu persatu mobil hias yang ditampilkan dari perwakilan Kalbar.

“Kita menghadiri puncak peringatan HUT ke-44 Dekranas yang dipusatkan di Kota Solo. Dekranasda Kota Pontianak ikut berpartisipasi dengan mengikuti stand pameran serta parade mobil hias,” ucapnya.

Ani Sofian tampak mengenakan pakaian Melayu Telok Belanga. Sedangkan sang istri, Anita mengenakan baju kurung. Momentum HUT Dekranas ini, harapnya, dapat mendorong produktivitas kerajinan Kota Pontianak sampai ke tingkat nasional hingga mancanegara.

Baca Juga :  77 Positif Covid-19 dari Kerumunan Rizieq Shihab, DPR: Pelajaran Mahal

“Berbagai macam kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat Kota Pontianak harus bisa bersaing di tingkat nasional sampai dunia. Tentu melalui dukungan Dekranasda Kota Pontianak,” sebutnya.

Peringatan HUT Dekranas 2024 juga menampilkan pameran kriya dari seluruh penjuru negeri yang digelar di Pamedan Mangkunegaran. Peringatan HUT Dekranas turut dirangkaikan dengan puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdaya Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK).

“Kemarin HKG PKK Provinsi Kalimantan Barat, Kota Pontianak menjadi tuan rumah. Besok kita akan menghadiri HKG PKK se-Indonesia di Taman Balekambang, mudah-mudahan acaranya lancar,” terangnya.

Pj Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Anita Ani Sofian menyampaikan, Dekranasda Kota Pontianak akan selalu mendukung para pelaku UMKM khususnya para pengrajin untuk bisa menghasilkan karya terbaiknya sebagai produk buatan dalam negeri.

Baca Juga :  Konsul Malaysia Kagumi Tradisi Halal Bihalal di Indonesia

“Tidak hanya memamerkan produknya saja, kita dorong pengrajin binaan dekranasda memasarkan produk mereka melalui pasar digital, Dekranasda Pontianak bahkan sudah melakukan kerjasama dengan Tokopedia dan Dana ini bentuk komitmen kita mendorong UMKM Kota Pontianak naik kelas,” jelasnya.

Anita pun berharap kepada para pelaku UMKM di Kota Pontianak untuk dapat meningkatkan kualitas produk kerajinannya. TP PKK Kota Pontianak juga senantiasa membuat program sebagai upaya meningkatkan kualitas kesejahteraan keluarga.

Alhamdulillah kita mendapat kesempatan untuk menampilkan produk-produk terbaik yang dimiliki perajin dan pelaku UMKM,” tutupnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment