Kabupaten Ketapang Dapat Sertifikat Bebas Frambusia dari Menkes RI

KalbarOnline, Jakarta – Kabupaten Ketapang mendapatkan sertifikat bebas penyakit frambusia dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Sertifikat itu diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Budi G Sadikin kepada Wakil Bupati Ketapang, Farhan dalam acara Hari Neglected Tropical Diseases (NTDs) se Dunia yang digelar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada Rabu (06/03/2024).

Frambusia adalah suatu infeksi bakteri jangka panjang (kronis) yang paling sering mengenai kulit, tulang dan sendi.

Baca Juga :  Laporan Awal KNKT Akan Keluar dalam 30 Hari

Wabup Farhan dalam kesempatan tersebut menyampaikan, jika ini adalah bagian dari penghargaan atas kerja sama seluruh stakeholder yang ada.

Foto bersama di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (06/03/2024).

“Bebas frambusia di Kabupaten Ketapang tidak bisa dilakukan Pemerintah Daerah semata, melainkan membutuhkan dukungan dan peran serta semua elemen masyarakat, sehingga upaya pencegahannya bisa dilakukan secara maksimal,” terangnya.

Untuk itu, Farhan berharap, ke depan Ketapang bisa mempertahankan status bebas frambusia dan menjaga derajat kesehatan masyarakat melalui pembangunan kesehatan yang berwawasan lingkungan dan menerapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) di masyarakat.

Baca Juga :  Epidemolog: Masyarakat Tidak Perlu Khawatir Terhadap Keamanan Vaksin

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Ketapang dalam momen penerimaan sertifikat tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment